Connect with us

Games

Yang Suka Main Game Berat Wajib Punya HP dengan Spesifikasi Ini!

Diterbitkan

on

Suarapakar.com – Siapa yang tidak suka main game di HP? Hampir semua orang dari berbagai golongan usia menyukai main game online di HP. Main game online telah menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Bahkan tak jarang yang rutin mabar atau main bareng dengan teman-teman agar main game menjadi lebih asyik.

Mengimbangi antusiasme masyarakat akan game online, saat ini game-game dengan kualitas grafis yang tinggi juga semakin banyak. Pilihan mobile game yang bisa diunduh dan dimainkan di HP kini bermacam-macam, dari mulai game yang diunduh gratis di Google Play Store atau App Store, sampai game yang dimainkan di m88 link.

Dengan banyak munculnya game-game baru berkualitas tinggi, pasti penggemar mobile game menjadi semakin penasaran ingin mencobanya. Tapi kadang-kadang saat bermain game yang terlalu berat, HP bisa jadi nge-hang atau main game menjadi kurang lancar. Akibatnya performa pemain saat main game menjadi kurang maksimal. Untuk mencegah hal ini, penting untuk menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang tepat untuk main game. Jadi, jika ingin beli HP yang lancar dipakai main game berat, pastikan HP incaran memiliki spesifikasi berikut ini.

1. Perhatikan chipset

Agar lancar main game berat, pastikan HP Anda memiliki chipset yang khusus untuk gaming agar lebih lancar. Chipset akan sangat mempengaruhi performa HP, dari mulai kualitas gambar, suara, hingga kecepatan kinerja. Pilihlah HP yang memiliki jenis chipset yang didesain khusus untuk kelancaran performa saat gaming. Beberapa chipset gaming yang populer diantaranya adalah Snapdragon 888, Exynos 2100, MediaTek Dimensity 1200, dan lain-lain. Dengan menyemat chipset yang akan mendukung performa HP saat main game, nge-hang atau nge-lag saat main game bisa dihindari, dan main game menjadi lebih lancar.

2. Kapasitas RAM

HP yang lemot atau lelet saat dipakai main game memang bikin emosi. Apalagi saat sedang dipakai nobar. Karena HP kita lelet, nobar bisa menjadi kurang asyik dan bahkan teman satu tim saat main game menjadi dirugikan. Karena itu, saat memilih HP perhatikan RAM yang dimilikinya. RAM atau Random Access Memory adalah kapasitas memori HP yang akan mempengaruhi kinerja dan kecepatan HP. Agar main game berat bebas nge-lag, usahakan untuk menggunakan HP dengan RAM 8GB. Jenis RAM yang biasa digunakan oleh HP gaming adalah DDR4-3200 atau DDR4-3600. Jika HPmu memiliki RAM dengan kapasitas
ini, dijamin main game berat akan selalu lancar. Ada juga HP yang memungkinan penggunaan 2 RAM masing-masing 8GB. Dengan RAM yang semakin besar, main game berat pun akan semakin lancar.

3. Ukuran dan kualitas layar

Selain harus lancar, agar main game semakin asyik, HP juga perlu memiliki kualitas layar yang memadai. Untuk main game berat, pilihlah smartphone dengan ukuran layar yang cukup lebar minimal 6,5 inci, sehingga akan memudahkan pemain untuk mengendalikan kontrol saat main game. Layar yang lebih lebar juga akan membuat kita dapat melihat lebih detail saat main game. Selain ukuran lebar, pastikan juga layar HP mendukung kualitas grafis yang terbaik, misalnya yang mendukung Full HD atau QHD.

4. Kapasitas baterai

Kita tentu tidak ingin main game terganggu karena baterai yang cepat habis. Apalagi main game berat umumnya akan memakan daya baterai lebih banyak. Karena itu, pastikan untuk memilih HP dengan kapasitas baterai yang besar agar lebih awet saat main game. Kapasitas baterai yang umumnya dimiliki ponsel gaming adalah minimal 6000 mAh.

Berita Populer