Connect with us

Teknologi

WWW Ulang Tahun ke-32, Ini Harapan Bapak Internet

“Masih banyak anak muda yang tidak bisa mendapatkan akses data dan perangkat yang memadai untuk merasakan manfaat dari internet,” kata Tim

Diterbitkan

on

www Ulang Tahun ke-32 tahun (suara pakar)
Penggagas World Wide Web Tim Berners-Lee, (Sumber: Pymnts.com/suara pakar)

Suarapakar.com – World Wide Web (WWW) yang digagas oleh Tim Berners-Lee merayakan ulang tahun ke-32 tahun. Ia berharap teknologi yang dijuluki internet itu mampu menjangkau semua orang yang membutuhkan, terutama anak muda.

Pernyataan ini disampaikan oleh Tim Berners-Lee, pria yang kerap dipanggil sebagai ‘Bapak Internet’ Dalam sebuah surat yang dirilis di blog resmi Tim dari riset International Telecommunication Union (ITU), Senin (15/3/2021). Menurutnya, sepertiga anak muda yang berusia di bawah 25 tahun di seluruh dunia belum bisa mendapatkan akses internet.

“Masih banyak anak muda yang tidak bisa mendapatkan akses data dan perangkat yang memadai untuk merasakan manfaat dari internet,” kata Tim mengutip dari Kompas, Senin (15/3/2021).

“Faktanya, menurut UNICEF, hanya sepertiga dari mereka yang berumur di bawah 25 tahun memiliki akses internet kabel rumahan. Artinya, 2,2 miliar anak muda di seluruh dunia belum bisa mendapatkan akses internet yang stabil,” tambahnya.

Lebih lanjut Tim menilai, anak muda memang kerap kali menjadi ‘korban’ dari berbagai ancaman dunia maya, seperti hoaks, perundungan, dan lain sebagainya. Namun, sejatinya mereka sangat membutukan akses internet.

Baca juga: Facebook Rilis Instagram Lite, Aplikasi Untuk Ponsel Memori Terbatas

WWW Ulang Tahun, Tim Meminta Pemerintah Mempercepat Akselerasi Internet

Selain itu, akibat dari pandemi Covid-19, memaksa seluruh kegiatan belajar mengajar anak muda beralih ke ranah digital. Sehingga internet yang stabil sangat diperlukan agar siswa tetap mendapatkan asupan pendidikan yang cukup.

Oleh karena itu, ia meminta kepada para pemerintah setempat agar berupaya untuk mempercepat akselerasi internet di wilayahnya masing-masing. Hal ini tentunya supaya mereka yang membutuhkan, dalam hal ini anak muda, bisa merasakan manfaat internet.

“Para pemimpin harus segera mengucurkan investasi untuk memastikan semua orang, di manapun mereka berada. Memiliki akses internet dengan kecepatan dan perangkat yang memadai agar bisa merasakan manfaatnya,” tutur Tim.

Adapun perkiraan investasi yang akan dibutuhkan menurut aliansi untuk internet terjangkau (The Alliance for Affordable Internet/A4AI), mencapai 428 miliar dolar AS atau sekitar Rp 6.159 triliun (kurs Rp14.300).

“Dengan memberikan lebih dari miliaran orang akses internet untuk belajar dan berkreasi, investasi ini diprediksi bakal memberikan timbal balik yang positif pada pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan sosial,” pungkas Tim.

Klik Untuk Berkomentar

Komentar

Your email address will not be published.

Berita Populer