Connect with us

Nasional

Wagubsu Ingatkan Waspada Potensi Bencana Hingga 26 Agustus 2021

Hingga 26 Agustus 2021 daerah Sumut dilanda hujan ringan hingga hujan petir. Dengan kelembaban udara hingga mencapai 100 persen. Serta kecepatan angin mencapai 30 km/jam.

Diterbitkan

on

Wagubsu Ingatkan Waspada Potensi Bencana Hingga 26 Agustus 2021 (suara pkar)
Wagubsu Musa Rajekshah (tengah) saat mendampingi Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito (kanan). (Sumber: FB Musa Rajekshah)

Suarapakar.com – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengingatkan masyarakat waspada potensi bencana yang diprediksi terjadi hingga 26 Agustus 2021.

Hal itu disampaikan Musa Rajekshah meneruskan peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat dan petir, dan hujan es.

“Kita harus hati-hati dan waspada, cuaca ekstrem akhir-akhir ini berpotensi mengakibatkan banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan lain-lain,” ujar Wagubsu yang akrab disapa Ijeck, di Rumah Dinas Wagubsu, Jalan Tengku Daud Medan, Selasa (24/8/2021).

Pria yang akrab disapa Ijeck itu menuturkan, berdasarkan informasi terkini BMKG, Sumut masuk dalam wilayah yang akan mengalami kondisi cuaca yang cukup bervariasi hingga, Kamis (26/8/2021) mendatang.

“Hati-hati, BMKG sudah mengingatkan, dari tanggal 24 sampai 26 Agustus cuaca di daerah kita akan bervariasi. Sebagian besar akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” terangnya.

Prakiraan cuaca Kota Medan hari ini, 24 Agustus 2021. (Sumber: BMKG)

Baca juga: Sibolga Diguncang Gempa 4,9 SR, Getaran Terasa hingga Samosir

Waspada Potensi Bencana, Hujan Ringan Hingga Lebat Guyur Sumut

Prakiraan cuaca oleh BMKG menyebutkan, hingga 26 Agustus 2021 daerah Sumut dilanda hujan ringan hingga hujan petir. Dengan kelembaban udara mencapai hingga mencapai 100 persen. Serta kecepatan angin mencapai 30 km/jam.

Ijeck mengaku telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut untuk sigap dalam mengantisipasi datangnya bencana alam.

“Saya juga meminta BPBD Sumut meningkatkan koordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota se-Sumut agar setiap tindakan yang dibutuhkan dapat dipersiapkan secepatnya,” tegasnya.

Selain itu, Ijeck juga mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa berdoa agarnya dijauhkan dari musibah bencana alam.

“Kita berdoa semoga Tuhan melindungi dan kita tetap dalam kondisi aman,” pungkasnya.

Reporter: Ilham

KELASTRADING

Berita Populer