Connect with us

MotoGP

Vinales Akan Kembali ke Suzuki, Joan Mir dan Rins Terancam

Yamaha berpeluang besar merekrut Joan Mir dari Suzuki untuk menggantikan tempat yang ditinggalkan Vinales, asal bersedia membayar klausul pemutusan kontrak.

Diterbitkan

on

Vinales Akan Kembali ke Suzuki (suara pakar)
Maverick Vinales. (Sumber: Motorsport.com)

Suarapakar.com – Pengamat MotoGP Senior, Carlo Pernat, mengomentari masa depan Maverick Vinales yang masih jadi misteri usai berpisah dengan Monster Energy Yamaha pada akhir musim ini. Menurutnya, segala kemungkinan terbuka bagi Vinales yang sedang mencari pelabuhan baru, termasuk bergabung ke tim lamanya, yaitu Suzuki Ecstar.

Usai dikabarkan pisah dengan Yamaha, nama Vinales sebelumnya ramai dikaitkan dengan Aprilia Gresini. Selain itu, ada tim Valentino Rossi, yakni Aramco VR46, yang akan debut di MotoGP pada musim depan.

Pernat menilai, bukan hanya kedua tim itu saja yang bisa menjadi pelabuhan Vinales di musim depan. Di tim lamanya, Suzuki, juga bisa menampung pembalap berjuluk Top Gun itu.

“Maverick Vinales adalah orang yang dengan senang hati akan kembali ke Suzuki,” ujar Pernat dikutip dari Motosan, Senin (12/7/2021).

Tak ayal, dikatakan Pernat, kondisi tersebut harus membuat posisi Alex Rins dan Joan Mir menjadi terancam. Meskipun masih punya kontrak dengan Suzuki, semuanya bisa saja terjadi.

Sebab, memutus kontrak dengan pembalap bukan hal yang sulit dilakukan oleh sebuah tim.

“Dua pembalap Suzuki saat ini tampaknya tidak terlalu senang dengan apa yang terjadi,” lanjutnya.

Ditambahkan Pernat, Vinales sendiri juga diyakini bakal tergiur untuk kembali merapat ke Suzuki. Sebab, Suzuki telah membuktikan bahwa timnya telah memiliki banyak perkembangan.

Salah satunya terlihat di musim lalu dengan juaranya Joan Mir.

Baca juga: Seri Australia Resmi Dibatalkan, Jadwal MotoGP 2021 Kembali Berubah

Yamaha-Suzuki Saling Bertukar Pembalap

Selain itu, penulis buku tentang MotoGP itu juga mengatakan, Yamaha berpeluang besar merekrut Joan Mir dari Suzuki untuk menggantikan tempat yang ditinggalkan Vinales. Asalkan, tim tersebut mau dan bersedia membayar klausul pemutusan kontrak.

“Bagi saya, ada salah satu contoh. Apakah menurut Anda jika Yamaha benar-benar mengajukan penawaran kepada Joan Mir, kontrak akan cukup untuk mempertahankannya? Anda cukup membayar penalti dan semuanya gratis,” ujar Pernat.

Menariknya, kata Pernat, Suzuki dan Yamaha kemungkinan hanya akan saling bertukar pembalap saja. Sehingga, saat Joan Mir kelak bergabung dengan tim yang dipimpin Lin Jarvis tersebut, maka Vinales berpeluang besar kembali ke Suzuki.

Selain Joan Mir, menurutnya, Suzuki juga mungkin akan mendepak Alex Rins dari tim. Sebab, sejak awal musim, dia tak mampu tampil memukau di kompetisi.

Kabarnya, Aprilia siap menampung pembalap asal Spanyol tersebut.

“Contoh lainnya, Aprilia selalu jatuh cinta dengan Alex Rins, jika mereka mencoba membawanya, apakah ada yang benar-benar peduli bahwa dia terikat kontrak hingga 2023?,” tuturnya.

GRANPRIZE

Berita Populer