Connect with us

Kriminal

Usai Merampok, Pelaku Perampokan Toko Emas Kabur ke Deliserdang

Para pelaku berkumpul di Jalan Menteng VII Gang Garuda Kecamatan Medan Denai.

Diterbitkan

on

Alur pelarian para pelaku perampokan toko emas di Pasar Simpang Limun, Medan. (Foto: Ilham/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Terungkap kawasan Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deliserdang menjadi pelarian kawanan perampok toko emas Pasar Simpang Limun.

Ini terungkap dari paparan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak yang memimpin press rilis pengungkapan kasus perampokan bersenjata api itu di Mapolda Sumut, Rabu (15/9/2021).

Pengungkapan kasus yang dilakukan Ditreskrimum Polda Sumut dan Satreskrim Polrestabes Medan tersebut, terungkap bila para pelaku melarikan diri ke kawasan tanah garapan Jalan Balai Desa Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang.

Dari titik kejadian di Pasar Simpang Limun, para pelaku menempuh perjalanan sekitar 20 km, dengan catatan waktu 30 menit melarikan diri usai beraksi mengondol emas harsil rampokan. Para pelaku terekam kamera pengawas  mengendarai sepeda motor matic Honda Beat dan Scoopy.

Dari Pasar Simpang Limun, para pelaku menuju ke Jalan Bahagia By Pass. Lalu ke Jalan Pelajar Timur berlanjut ke Jalan Menteng Raya, lalu ke Jalan Panglima Denai yang berlanjut menuju ke Jalan Panglima Denai.

Dari sana, diyakini pelaku perampokan bersenjata api ini terus memacu kenderaannya menuju ke Pasar 3 Tembung atau Jalan Datuk Kabu. Perjalanan berlanjut ke Jalan Makmur Pasar 7 Tembung, kemudian menuju ke tanah garapan Jalan Balai Desa Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang.

Inilah akhir pelarian para pelaku hingga akhirnya tim gabungan berhasil menangkap keempatnya. Terungkap pula identitas para pelaku. Yakni, Farel (21) warga Jalan Garu I Gang Manggis Kecamatan Medan Amplas ; Hendrik (38) warga Jalan Paluh Kemiri Lubuk Pakam Kabupaten Deliserdang.

Kemudian, Prayogi alias Bejo (25) warga Jalan Bangun Sari Linkungan II Kecaman Medan Johor dan Paul (32) warga Jalan Menteng VII Gang Horas Kecamatan Medan Denai. Tersangka Hendrik tewas ditembak petugas karena melakukan perlawanan.

“Insialnya H. H berhasil dilumpuhkan dan meninggal dunia karena melakukan perlawanan dan membahayakan petugas saat melakukan pra rekon untuk menunjukan arah pelarian dan titik kumpul terakhir pelaku-pelaku yang lainnya,” ungkap Kabid Humas  Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Tiga dari 4 pelaku perampokan toko emas Pasar Simpamg Limun Medan. (Foto: Ilham/Suara Pakar)

Baca juga: Ini Identitas Pelaku Perampokan Toko Emas di Pasar Simpang Limun

Sebelum Beraksi, Pelaku Berkumpul di Jalan Menteng VII

Terungkap pula, bila titik kumpul para pelaku di Jalan Menteng VII Gang Garuda Kecamatan Medan Denai.

Dari lokasi tersebut, para pelaku mengendarai dua sepeda motor matic menuju Pasar Simpang Limun Jalan M Nawi Harahap. Dalam rekaman CCTV, terlihat para pelaku masuk dari belakang pasar tersebut dan memarkirkan sepeda motor.

Seperti pengunjung lainnya, tampak pula keempat pelaku berjalan beriringan dengan tenang. Hingga akhirnya, keempatnya menuju toko emas yang jadi sasaran perampokan. Aksi tersebut, disebut-sebut pelaku berhasil mengondol 7 kg emas.

Video Paparan Pera pokan Toko Emas Simpang Limun Medan

Reporter: Ilham – Jafar Wijaya

Berita Populer