Connect with us

Kesehatan

Ulkus Dekubitus, Salah Satu Penyakit yang Merenggut Nyawa Selebgram Edelenyi Laura Anna

“Aku tuh sakit dekubitus. Jadi, kan aku duduk terus nih. Nah, kalau kelamaan jadinya luka,”

Diterbitkan

on

Suarapakar.com - Ulkus Dekubitus, salah satu penyakit yang merenggut nyawa selebgram cantik Edelenyi Laura Anna
Ulkus Dekubitus, salah satu penyakit yang merenggut nyawa Selebgram Edelenyi Laura Anna (Foto: Youtube)

Suarapakar.com – Kabar meninggalnya selebgram Edelenyi Laura Anna, Rabu (15/12/2021) memang menarik perhatian serta mengagetkan publik dan para netizen di Tanah Air.

Keadaan nya yang lumpuh selama 2 tahun akibat kecelakaan yang ia alami bersama mantan kekasih Gaga Muhammad menjadi faktor yang membuatnya harus pergi selamanya di usia yang masih sangat muda.

Belakangan, timbul pertanyaan di kalangan netizen apa penyebab meninggalnya Laura. Apakah karena keadaannya yang lumpuh atau ada penyebab yang lain.

Menurut keterangan Laura sendiri saat mengisi konten Youtube bersama Nikita Mirzani, selain mengalami spinal cord injury yang membuatnya lumpuh, Laura juga mengaku mengidap Ulkus Dekubitus.

“Kalau nggak nangisnya ke mamah, ya paling ngeluh aja sih sakit-sakit. Aku tuh sakit dekubitus. Jadi, kan aku duduk terus nih. Nah, kalau kelamaan jadinya luka,” kata Laura dalam konten Youtube Nikita Mirzani.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Lalu apa itu Ulkus Dekubitus? Berdasarkan keterangan beberapa sumber kesehatan, Ulkus Debitus merupakan cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit.

Kondisi seperti yang dialami Edelenyi Laura Anna ini berisiko dialami oleh orang-orang dengan kondisi medis yang membatasi kemampuan mengubah posisi tubuh, atau menghabiskan sebagian besar waktu di tempat tidur atau kursi.

Luka baring paling sering terjadi pada kulit yang menutupi area tulang tubuh, tulang ekor seperti tumit, pergelangan kaki, dan juga pinggul.

Baca juga: Alami Lumpuh 2 Tahun Usai Kecelakaan, Selebgram Edelenyi Laura Anna Meninggal Dunia

Ciri-Ciri dan Gejala Ulkus Dekubitus

Melansir laman alodokter, Ulkus dekubitus berisiko terjadi pada orang yang menderita suatu penyakit hingga menyebabkan gerak tubuhnya terbatas.

Penderita tersebut akan berbaring di tempat tidur atau duduk di kursi roda dalam waktu yang lama, sehingga ada bagian-bagian tubuh yang terus-menerus mengalami penekanan dan muncul luka.

Baca Juga: Studi Ungkap Sering Minum Kopi Berisiko Alami Penyakit Ginjal

Biasanya orang yang menderita penyakit ini akan mengalami beberapa gejala. Di antaranya Ulkus Dekubitus dapat muncul pada sejumlah area tubuh, tergantung bagian tubuh mana yang tertekan dalam waktu lama.

Pada orang yang hanya berbaring di tempat tidur, biasanya akan terbentuk luka di belakang dan samping kepala, tulang belikat, pinggul, tulang ekor atau punggung bagian bawah, tumit, pergelangan kaki, dan bagian belakang lutut.

Sementara itu pada pengguna kursi roda, biasanya ulkus dekubitus akan muncul di area bokong, tulang ekor, tulang belakang, tulang belikat, punggung lengan, serta kaki yang bersandar pada kursi roda.

Berita Populer