Connect with us

Nasional

Tito Mendadak Temui Jokowi, DPR Tunda Rapat Penetapan Tanggal Pemilu 2024

KPU sebelumnya mengusulkan agar pelaksanaan Pemilu tanggal 21 Februari, sedangkan pemerintah mengusulkan agar pemilu dilaksanakan pada April-Mei 2024.

Diterbitkan

on

Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian. (Sumber: Kemendagri.go.id)

Suarapakar.com – Rapat Komisi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan agenda penetapan tanggal pencoblosan pemilu 2024 yang sedianya digelar hari ini, Rabu (6/10/2021) dibatalkan.

“Iya dibatalkan karena Mendagri ada rapat sama Presiden (Joko Widodo). Bukan karena deadlock dengan KPU ya tapi karena memang ada rapat mendadak” ujar Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa sebagaimana dikutip dari cnnindonesia, Rabu (6/10/2021).

Hal serupa juga disampaikan Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus. Menurutnya, rapat yang sedianya digelar pukul 10.00 WIB ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

“Bahwa Raker/RDP dengan Mendagri, Ketua KPU, Bawaslu dan DKPP yang semula akan dilaksanakan hari ini jam 10.00, ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut,” ujar Guspardi.

Sebelumnya, sempat beredar surat permohonan dari Tito kepada pimpinan Komisi II untuk menunda rapat penetapan Pemilu 2024. Dalam surat tersebut, Tito meminta agar rapat hari ini ditunda lantaran ada rapat internal di Istana Kepresidenan.

Baca juga: DPR: Jangan Seret TNI-Polri Isi Kekosongan Plt Kepala Daerah, Itu Jabatan Politis

Polemik Penetapan Tanggal Pemilu 2024

Sebelumnya, masalah penetapan tanggal pemungutan suara pemilu menjadi polemik. Pemerintah dan KPU belum satu suara mengenai hal ini.

KPU sebelumnya mengusulkan agar pelaksanaan Pemilu tanggal 21 Februari. KPU beralasan, jika pemilu tetap digelar April, pihaknya khawatir akan ada perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang memakan waktu semakin lama. Terlebih jika MK memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sementara, pemerintah mengusulkan agar pemilu dilaksanakan pada April-Mei 2024. Terkini, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengusulkan agar Pemilu dilaksanakan 15 Mei 2024.

KELASTRADING

Berita Populer