Connect with us

Kecantikan

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit

Diterbitkan

on

Sunscreen
Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit Wajah (Sumber : CutisMedicalLaser)

Suarapakar.com – Salah satu cara untuk melindungi wajah dari teriknya sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen. Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan memicu munculnya penyebab noda hitam dan terjadinya penuaan dini. Untuk itu kamu harus memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu loh.

Tetapi masih banyak orang yang bingung bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat. Kamu harus memilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Nah, kamu gak usah bingung, melalui situs healthline dan ditinjau secara medis oleh Cynthia Cobb, DNP, APRN, WHNP-BC, FAANP.

Berikut Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Dengan Jenis Kulitmu

1. Kulit Kering

Sunscreen kulit kering

(Sumber : Medikpro)

Ketika jenis kulitmu adalah kulit kering, kamu bisa memilih sunscreen yang diformasikan dengan kandungan pelembap seperti ceramide, gliserin, asam hialuronat, dan madu yang sangat ideal. Jadi, sunscreen tidak hanya membantu melindungi kulit wajahmu dari sinar matahari, tetapi kulit juga terasa lebih terhidrasi.

2. Kulit Berminyak

Sunscreen kulit berminyak

(Sumber : Dermadoctor)

Jika kulit wajahmu tergolong kulit yang berminyak, kamu bisa memilih sunscreen dengan formula berbasis air atau gel dengan hasil akhir yang matte. Bahan-bahan seperti teh hijau, minyak pohon teh atau niacinamide yang ada pada kandungan sunscreen mampu mengontrol produksi minyak. Sehingga minyak berlebih yang ada pada wajah dapat dikontrol.

Baca juga: Ternyata Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Kulitmu Menjadi Kering

3. Kulit Normal

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit

(Sumber: Orami)

Untuk jenis kulit yang normal, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa memilih sunscreen mineral atau kimiawi. Selain itu kamu juga bisa memilih sunscreen dengan tekstur gel atau gel.

4. Kulit Sensitif

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit

(Sumber: Pikiran Rakyat)

Jika jenis kulit wajahmu adalah kulit sensitif, ada beberapa bahan yang sebaiknya kamu hindari. Bahan-bahan yang bisa kamu hindari contohnya seperti alkohol, oxybenzone, para-aminobenzoic acid (PABA), salisilat, dan sinamat.
Jika kamu memilih sunscreen mineral dengan seng oksida dan titanium oksida adalah pilihan yang cukup tepat. Selain itu, bahan-bahan seperti panthenol, allantoin, dan madecassoside memiliki sifat yang menenangkan dan membantu mengurangi iritasi.

5. Kulit Berjerawat

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit

(Sumber: Liputan6)

Kulit berjerawat sama dengan kulit sensitif, jadi sebaiknya kamu menghindari penggunaan sunscreen dengan bahan yang dapat memperburuk peradangan di wajah. Kamu bisa memilih sunscreen seperti kulit yang berminya, seperti sunscreen yang memiliki tekstur gel dan ringan.

KELASTRADING

Berita Populer