Connect with us

Nasional

Timbulkan Keramaian, Polda Sumut Larang Sahur On The Road dan Asmara Subuh

“Kegiatan asmara subuh yang umumnya dilakukan oleh anak muda atau remaja usai menjalankan sahur dan Salat Subuh juga dilarang,”

Diterbitkan

on

Timbulkan Keramaian, Polda Sumut Larang Sahur On The Road dan Asmara Subuh (suara pakar)
Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak. (Sumber: Humas Polda Sumut)

Suarapakar.com – Dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19 Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi melarang kegiatan sahur on the road selama Bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan bahwa larangan tersebut sesuai dari arahan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra, karena dapat berpotensi menimbulkan kerumunan yang dapat meningkatkan penyebaran Covid-19.

“Sesuai arahan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra, Sahur On The Road dilarang, yang berkerumun dilarang,” ungkapnya Senin (12/4/2021).

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat Sumut, khususnya di Kota Medan agar menjalankan sahur di rumah dan melaksanakannya tanpa kerumunan.

Selain itu, pihaknya juga melarang para masyarakat untuk melakukan asmara subuh yang juga berpotensi keramaian.

“Kegiatan asmara subuh yang umumnya dilakukan oleh anak muda atau remaja usai menjalankan sahur dan Salat Subuh juga dilarang pada Ramadhan tahun ini dan segala macam yang menimbulkan kerumunan dilarang,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hadi juga menuturkan, implementasi kebijakan larangan tersebut adalah dengan melakukan patroli di rute dan titik yang menjadi lokasi favorit untuk kegiatan sahur on the road.

“Kami melakukan patroli untuk memantau aktivitas masyarakat, apakah itu ada yang melakukan kerumunan,” ucap Hadi.

Baca juga: Menaker Terbitkan SE, THR Lebaran 2021 Wajib Dibayar Penuh

Polda Sumut Gelar Ops Keselamatan 2021

Sementara itu, Polda Sumut dan seluruh jajaran gelar Operasi Keselamatan Toba 2021 yang berlangsung mulai 12 sampai 25 April 2021. Peresmian operasi ini dimulai dengan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memimpin apel pasukan Lapangan KS Tubun Mapolda Sumutm, Senin (12/4/2021).

Operasi Keselamatan Toba 2021 yang turut melibatkan TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Ada pun tujuan Operasi Keselamatan Toba 2021 ini, ‘Meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di wilayah Provinsi Sumatera Utara’.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini melibatkan 2.299 personel yang terdiri dari satuan tugas Polda 150 personil serta 2.149 personil dari satuan tugas kewilayahan beserta personil TNI dan instansi pemerintahan terkait.

“Fokus operasi Kepolisian ini adalah pengguna jalan, kendaraan angkutan umum atau pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” tegas Panca dalam sambutannya.

Reporter : Alfiansyah

Berita Populer