Connect with us

Raket

Tim Putri Indonesia Juara BATC 2022, Cetak Sejarah Baru

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Tim Putri Indonesia Juara BATC
Tim putri Indonesia menjadi juara BATC 2022 di Setia City Convention Center, Shah Alam, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022), (Foto: Istimewa)

Suarapakar.com – Tim putri Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan menjadi juara Kejuaraan Asia Bulutangkis Beregu (BATC), usai mengalahkan Korea Selatan pada laga final yang berlangsung di Setia City Convention Center, Shah Alam, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022).

Gregoria Mariska dan kawan-kawan menuntaskan partai puncak beregu ini dengan skor 3-1. Setelah ganda putri Marwah Nita Violina/Mayasari Lanny Tria mengalahkan pasangan Kim Min Ji/Park Min Jeong, 23-21 21-11, guna memastikan gelar juara bagi Indonesia.

Di partai pembuka, Gregoria sukses mengemban misi sebagai kapten tim Indonesia dengan tampil apik dan membawa skuad Indonesia memimpin 1-0 atas Korea Selatan. Gregoria menang 21-9 21-10 dalam tempo 26 menit.

Namun, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi gagal menyumbangkan poin bagi tim Indonesia. Ana/Tiwi ditundukkan Baek Ha Na/Seong Seung Yeon melalui rubber game 15-21 21-14 14-21, usai bertanding selama 65 menit.

Tunggal kedua yang turun di partai ketiga, Putri Kusuma Wardani, kembali membuat Indonesia unggul atas Korea Selatan. Putri membutuhkan waktu sekitar 38 menit untuk mengalahkan Lee Se Yeon dua gim langsung 21-10 21-18.

Nita/Lanny, yang dipercaya oleh jajaran pelatih untuk berlaga di partai keempat, menjadi penentu gelar juara bagi para srikandi Indonesia pada kejuaraan beregu ini. Nita/Lanny menang dua gim 23-21 21-11 atas Kim Min Ji/Park Min Jeong.

Dengan kemenangan ganda kedua Indonesia tersebut, partai kelima yang sedianya mempertemukan Stephanie Widjaja dan Lee Seo Jin, tidak perlu digelar. Regu putri Indonesia telah mengantongi tiga kemenangan.

Ini adalah kali pertama tim putri Indonesia merebut gelar juara BATC. Sebelumnya, prestasi terbaik tim putri Indonesia di kejuaraan beregu Asia adalah ketika meraih medali perunggu pada tahun 2018.

Bendera Merah Putih Kembali Berkibar

Kemenangan ini membuat bendera Merah Putih kembali berkibar di pentas internasional. Kondisi tersebut lantaran Indonesia terbebas dari sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA), awal Februari 2022.

Bendera Merah Putih Indonesia kembali berkibar di di Setia City Convention Centre saat Indonesia Raya berkumandang dalam upacara penyerahan medali BATC 2022.

Usai Indonesia Raya berkumandang dan pengibaran bendera, Gregoria Mariska yang menjadi kapten tim mengambil trofi untuk diserahkan kepada pemain lain.

Berita Populer