Connect with us

Raket

Tim Bulu Tangkis China Siap Borong Emas Olimpiade Tokyo 2020

Sejak mewabahnya virus Covid-19 pada Maret tahun lalu, China menjadi satu-satunya tim nasional yang belum melakukan perjalanan untuk bertanding di event mana pun.

Diterbitkan

on

Tim Bulu Tangkis China (suara pakar)
Pasangan ganda campuran China Tiongkok, Zheng Si Wei/Huang Yaqiong. (Sumber: Getty Images)

Suarapakar.com – Presiden Asosiasi Bulu Tangkis China, Zhang Jun mengkonfirmasi bahwa Atlet Bulutangkis Tiongkok siap memborong emas Olimpiade Tokyo 2020, yang akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Zhang Jun pun menyakini bahwa ke-14 atlet Tiongkok siap bersaing meski tak pernah bersaing di turnamen kompetitif selama lebih dari setahun.

“Kami memiliki peluang terbaik untuk meraih medali emas di ganda campuran karena baik Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong maupun Wang Yi Lyu/Huang Dong Pin berada di posisi pertama dan kedua Race To Tokyo,” kata Zhang Jun, atlet yang pernah memenangkan medali emas Olimpiade Athena 2004 itu dikutip dari liga olahraga, Senin (5/7/2021).

Selain itu, Zhang Jun juga mengatakan bahwa tim China juga memiliki peluang untuk meraih emas di kategori ganda putri. Meskipun Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara yang menduduki posisi pertama dan kedua di peringkat Race To Tokyo difavoritkan membawa pulang medali emas Olimpiade.

Perlu diketahui, sejak mewabahnya virus Covid-19 pada Maret tahun lalu, China menjadi satu-satunya tim nasional yang belum melakukan perjalanan untuk bertanding di event mana pun. Akibatnya, tidak ada satu negara pun yang bisa melihat kemajuan performa mereka selama lebih dari setahun.

Baca juga: Belum Mampu Bersaing, Gregoria Dilanda Keraguan Jelang Olimpiade Tokyo

Peluang Tim China di Olimpiade Tokyo 2020

Tim China mendapat kuota untuk bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 dengan dua wakil untuk semua sektor. Kecuali ganda putra, yang hanya mengirimkan satu wakil mereka.

Untuk daftar pebulutangkis yang akan berlaga di Olimpiade itu, ada dua pemain tunggal putra. Mereka adalah Chen Long, juara bertahan Olimpiade, dan Shi Yu Qi pemain dengan peringkat 11 dunia.

Untuk sektor tunggal putri, sebenarnya ada 3 pebulutangkis tunggal putri China yang mencukupi poin Race to Tokyo. Namun, Asosiasi Bulu Tangkis China memilih Chen Yu Fei, pemain peringkat 2 dunia serta He Bing Jiao, pemain peringkat 9 dunia.

Sedangakan Wang Zhi Yi terpaksa tak dikirimkan karena melebihi kuota.

Di kategori ganda putra, mereka hanya mengirim satu pasangan yakni Li Jun Hui / Liu Yu Chen. Pasangan peringkat 6 dunia itu pernah menjuarai kejuaraan dunia bulutangkis.

Lalu, di kategori ganda putri, ada dua pasangan Tiongkok yang akan berlaga di Olimpiade. Mereka adalah Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, mantan juara dunia dan pernah menduduki peringkat satu dunia. Serta pasangan berperingkat tujuh dunia yang sedang berkembang pesat, Du Yue/Li Yin Hui.

Terakhir, andalan tim China dari sektor ganda campuran, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Pasangan ini pernah menjuarai kejuaraan dunia sebanyak dua kali.

Selain Si Wei/Ya Qiong, pasangan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping juga akan menjadi andalan Negeri Tirai Bambu di Olimpiade Tokyo. Pasangan ini

GRANPRIZE

Berita Populer