Connect with us

Kecantikan

Ternyata Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Kulitmu Menjadi Kering

Diterbitkan

on

Penyebab kulit kering
5 Hal yang Bisa Membuat Kulitmu Menjadi Kering

Suarapakar.com – Memiliki kulit kering adalah hal yang biasa bagi beberapa orang. Namun, jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan hal yang tidak baik. Kulit kering dapat ditandai dengan berkurangnya minyak alami pada lapisan paling atas sel kulit.

Ditinjau secara medis oleh Bukky Aremu, APRN dalam situs Medical News Today, kulit membutuhkan air dan minyak alami agar kulit tetap lembut, kenyal dan elastis. Tanpa kelembapan dan minyak pun kulit juga bisa menjadi kering. Kulit kering dapat terjadi di bagian atau area manapun pada tubuh. Biasanya pada area tangan, lengan, kaki hingga wajah.

5 Hal Penyebab Kulit Kering yang Harus Kamu Tahu

1. Mandi Menggunakan Air Panas

Penyebab kulit kering

(Sumber : lampungpost)

Bagi sebagian orang, mandi dengan menggunakan air panas adalah hal yang menyenangkan. Padahal, jika terlalu lama mandi dengan menggunakan air panas akan menghilangkan kelembapan pada kulit loh. Jadi, lebih baik mandi dengan menggunakan suhu yang normal.

Baca Juga: Ini 5 Masker Alami Untuk Kulit Kering Yang Wajib Kamu Coba

2. Sabun yang Tidak Sesuai

Penyebab kulit kering

(Sumber : SehatQ)

Salah satu penyebab kulit kering juga bisa terjadi karena penggunaan sabun yang tidak sesuai. Pilihlah sabun yang mengandung moisturizer agar kelembapan pada kulit tetap terjaga. Jangan pilih sabun yang terlalu keras untuk kulit, karena dapat meningkatkan resiko kulit kering.

3. Parfum

Parfum

(Sumber : Pikiranrakyat)

Ternyata parfum juga bisa meningkatkan resiko kulit kering dan iritasi. Banyak faktor yang membuat parfum dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk itu, lebih baik menghindari produk perawatan kulit yang mengandung parfum.

4. Obat Jerawat yang Mengandung Retinol

Obat jerawat mengandung retinol

(Sumber : SehatQ)

Obat jerawat yang mengandung retinol jika digunakan pada kulit wajah dapat membuat kulit menjadi kering. Hal itu disebabkan karena retinol melonggarkan hubungan antara sel-sel di permukaan kulit. Sehingga cara tepat saat ingin menggunakan retinol adalah cukup menyesuaikannya dengan kondisi kulit. Jangan gunakan secara berlebihan untuk kulit wajah.

5. Bertambahnya Usia

Bertambah usia

(Sumbe : Leadsplease)

Saat usia kamu semakin bertambah, maka kondisi kulit pun juga semakin tipis dan kering. Perubahan hal tersebut pun wajar terjadi, karena jika seseorang semakin tua maka semakin berkuranglah hormon yang diproduksi di tubuhnya. Penurunan hormon itu juga meliputi hormon-hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

Jadi itula 5 hal penyebab kulit kering yang harus kamu tahu. Sebaiknya hindari produk-produk yang memang akan membuat kulitmu menjadi kering. Karena jika produk digunakan secara terus menerus maka akan mengakibatkan hal yang tidak baik.

KELASTRADING

Berita Populer