Connect with us

Peristiwa

Tawuran Antar Kampung di Belawan, Rumah Ibadah Nyaris Dibakar Massa

“Tadi malam begitu mencekam, berawal dari sekelompok pemuda yang hendak membakar rumah ibadah dan merusak beberapa toko,”

Diterbitkan

on

Tawuran Antar Kampung di Belawan, Gereja Nyaris Dibakar Massa (suara pakar)
Tawuran yang terjadi di Belawan Medan. (Foto: Inews)

Suarapakar.com – Tawuran antara kampung kembali terjadi di Jalan Medan – Belawan Km 20,5 Kelurahan Belawan bahari, Kecamatan Medan Belawan. Akibatnya, satu tempat usaha tambal ban milik warga setempat hangus dibakar.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian itu terjadi sejak pukul 23.00 WIB, Selasa (20/7/2021) hingga Rabu (21/7/2021) subuh.

Tawuran itu pun sempat direkam oleh warga dan beredar di media sosial (medsos), terlihat ratusan pengendara sepeda motor saling melempar dengan batu dan petasan tembak. Terlihat warga yang berperang sempat membakar usaha tampal ban milik warga setempat.

Bahkan Kapolsek Belawan Kompol Daniel Naibaho turun ke lokasi dan bahkan para pemuda antar kampung ini masih terus saling bertikai.

Salah seorang saksi mata yang identitasnya tak ingin disebutkan menjelaskan, bahwa rumahnya berada di lokasi tawuran saat terjadi. Dimana suasana di Jalan Medan-Belawan tersebut sangat mencekam.

Pertikaian ini bermula dari sekelompok pemuda yang ricuh dan hendak membakar rumah ibadah  di dekat lokasi tawuran.

“Tadi malam begitu mencekam, berawal dari sekelompok pemuda yang hendak membakar rumah ibadah dan merusak beberapa toko,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, para warga yang ricuh tersebut sudah mempersiapkan senjata rakitan, benda tajam dan perang terjadi sejak pukul 23.00 WIB sampai 04.30 WIB dini hari tadi.

“Dan para pemuda tersebut sudah mempersiapkan senjata rakitan mereka sendiri dan yang lainnya. Hingga akhirnya terjadilah bentrok yang bermula dari pukul 23.00 WIB sampai dini hari sekitar pukul 04.00 atau 04.30 WIB,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa pihak kepolisian Polsek Medan Labuhan hadir ke lokasi uintuk melerai tawuran tersebut. Namun tak dihiraukan warga yang bertikai.

“Polisi sudah berusaha melerai hingga menembakkan gas air mata tapi tidak dihiraukan oleh mereka. Hingga akhirnya polisi mengerahkan Brimob untuk turun melerai pertikaian,” tuturnya.

Lebih lanjut, saksi mata menuturkan ada korban yang telinganya luka terkena klewang dan usaha tampal ban warga yang dibakar habis.

“Ada satu korban yang telinga nya terkena kelewang pada saat kejadian, dan ada salah satu usaha tampal ban penduduk sekitar yang dibakar oleh mereka, mengakibatkan kemarahan pemuda di sekitar rumah ibadah,” katanya.

Dia mengatakan, terdapat tiga kampung yang bertikai dalam kejadian ini yaitu warga kampung Young Panah Hijau Lingkungan VII, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan dengan Batu 20 dan Mawar Indah

Ia menyebutkan, bahwa gereja yang hendak dibakar masih sempat tertolong meski sudah sempat disiram air bensin.

“Sudah disiram pakai bensin, api sudah dinyalakan tapi dilerai sama pemuda setempat, gereja masih tertolong. Foto gereja saya enggak punya, karena saya enggak berani ke lokasi langsung tadi malam,” pungkasnya.

Baca juga: Tolak PPKM Darurat, Demo Puluhan Pedagang Kopi Kota Medan Dibubarkan

Keributan Melibatkan Tiga Kampung di Belawan

Petugas saat berjaga-jaga di lokasi tawuran. (Foto: Inews)

Sementara itu, Kapolsek Belawan Kompol Daniel Naibaho membenarkan tawuran tersebut terjadi antar tiga kampung di Belawan.

“Tawuran ini orang Panah Hijau dengan orang Batu 20 dan Mawar,” ucapnya.

Daniel menyebutkan, penyebab tawuran akibat ada warga Panah Hijau yang ngeributi ke kampung orang lain.

“Itulah enggak ngerti, orang Panah Hijau datang ngeributi dan sudah ribut, udah gitu aja,” ungkapnya

Ia membenarkan, bahwa ada satu gereja yang nyaris terbakar akibat lemparan bensin dalam botol yang dilemparkan namun tak membakar gereja.

“Kalau mau dibakar namanya dilempar pakai bensin sejenis bensin dalam botol, sudah dilemparkan tapi enggak terbakar. Tapi enggak nyala, namanya lempar-lemparan. Yang terbakar usaha tampal ban,” pungkasnya.

Video Tawuran Antar Kampung di Belawan

Reporter : Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer