Connect with us

Nasional

Tampil Beda, Pelantikan PFI Kota Medan Jadi Pionir Daerah Lain

“PFI juga diakui sebagai anggota Dewan Pers dan ini menjadi semangat sekaligus tantangan buat PFI untuk menjadi lebih baik lagi,”

Diterbitkan

on

pelantikan pfi kota medan berbeda jadi pioner (suara pakar)
Ketua PFI kota Medan Rahmad Suryadi (kiri) bersama Ketua Umum PFI Pusat, Reno Esnir dan Fotografer senior Ferdy Siregar. (Foto: Budi Hermansyah)

Suarapakar.com – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat melantik Pengurus PFI Kota Medan Periode 2020-2023 dengan Ketua Rahmad Suryadi di Kampung Sejahtera, Kelurahan Petisah Medan, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sabtu (27/2/2021).

Ketua Umum PFI Pusat, Reno Esnir mengapresiasi inisiasi FPI Medan yang mengelar pelantikan dengan tampil beda. Katanya, bila pelantikan pada umumnya dilakukan di hotel atau di aula, tapi PFI Medan agak berbeda, membuat pelantikan di perkampungan.

“Ini bisa jadi contoh bagi PFI kota-kota lain di Indonesia,” katanya.

PFI menurut Reno, berdiri dengan tujuan untuk mendampingi pewarta-pewarta foto di Indonesia memberikan peningkatan kapasitas sehingga ilmu-ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam peliputan-peliputan di lapangan.

“Baru-baru ini PFI juga diakui sebagai anggota Dewan Pers dan ini menjadi semangat sekaligus tantangan buat PFI untuk menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Sedangkan Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi mengatakan kehadiran PFI bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum bagi jurnalis yang bertugas di lapangan. Kedua memperkokoh silaturahmi di antara Pewarta Foto Indonesia.

“Banyak hal yang sudah dijalani, tapi kekuatan internal menjadi fokus kami, kekompakan. Sesuatu yang sulit akan mudah dijalani bersama-sama,” katanya.

Dalam perkembangannya, PFI Medan sudah banyak melakukan hal yang bermanfaat. Bahkan membuat pelantikan di Kampung Sejahtera ada tujuan tersendiri.

“Pada 2016 kami dilantik di kaki Gunung Sinabung karena banyak pewarta foto dari medan mendunia berkat foto-foto Erupsi Sinabung. Tahun 2021 kita dilantik di sini karena kita ingin mendukung perubahan di kampung sejahtera. Mereka perlu dukungan,” tegas Rahmad.

Baca juga: Hari Kanker Sedunia, Warga Kampung Sejahtera Gelar Aksi Donor Darah

Pemprov Sumut Butuh Jurnalis untuk Membangun Desa Menata Kota

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Sumut, M Ayub mengatakan, bila peran jurnalis benar-benar vital dalam pembangunan diseluruh daerah dan negeri ini. Karena jurnalislah yang mengabadikan sekaligus menyebarkan berita hasil pembangunan kepada khalayak ramai.

“Bagi pemerintah Provinsi Sumatera Utara, PFI dipandang sebagai gerakan untuk mempercepat pembangunan di Sumatera Utara. Khususnya mewujudkan Sumut bermartabat, karena selalu mendokumentasikan pembangunan di Sumatera Utara,” ujar Ayub membacakan sambutan Gubsu.

Ia berharap, saat ini pemerintah memiliki sloga membangun desa menata kota, kiranya pengurus PFI Medan mendukung hal tersebut.

“Sumut butuh peran jurnalis untuk menyampaikan pesan tentang perkembangan pembangunan di Sumut. Akhir kata, kepada pengurus yang baru dilantik selamat berjuang dan selamat bertugas,” ungkapnya.

Turut hadir Bupati Serdang Bedagai Dharma Wijaya, yang turut mengapresiasi perkembangan jurnalis saat ini. Katanya, kontestasi Pilkada lalu yang ia menangi, sangat besarnya peran jurnalis.

“Saya terkejut juga tiba-tiba mereka membantu dengan ikhlas. Alhamdulillah hasilnya mencapai 76 persen kemenangan,” jelasnya.

Berita Populer