Connect with us

Bisnis

Tahun 2022, Adi Ming E: Pengusaha Bakal Habis-Habisan

“Yang terpenting kan seberapa banyak yang berani jualan payung ketika mendung dan jualan es ketika cuaca terik,”

Diterbitkan

on

Tahun 2022, Adi Ming E: Pengusaha Bakal Habis-Habisan (suara pakar)
Chairman Samera Propertindo, Adi Ming E. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Tahun 2022, pengusaha properti diprediksi akan habis-habisan yang menjadi pertaruhan peruntungan. Hal ini mengingat sulitnya memprediksi tahun politik pada 2023 dan 2024.

“Tahun 2022 sepertinya kita semua (pengusaha) bakal habis-habisan. Menyelesaikan perizinan, mengajukan permohonan, menentukan masa depan, ekspansi atau pivot, ya semualah,” tutur pengusaha properti ternama, Adi Ming E, dalam siaran persnya yang diterima Suara Pakar, Jumat (29/10/2021).

Adi Ming menyebutkan, alasannya menyatakan demikian, karena melihat tahun 2023 dan 2024 akan sangat tidak terprediksi (unpredictable). Ada banyak kepala daerah purna tugas dan digantikan Pelaksana Tugas (Plt) hingga 2024. Lonceng tahun politik juga bunyinya serentak untuk semua posisi, akan berdampak pada pengusaha grogi untuk ‘beraksi’.

“Kalau sudah di tahun politik biasanya kita grogi, sungkan, apalagi kali ini beda. Satu lonceng pemilu untuk semua posisi,” singgung Adi Ming E mengenai pengaruh situasi politik pada sektor ekonomi.

Kelas Trading by Fakar Suhartami Pratama

Meski demikian, Chairman developer Samera Propertindo itu optimis hal tersebut tidak berdampak fatal bagi dunia usaha. Namun, Adi Ming lebih mengkhawatirkan orang-orang yang justru hanya memilih menonton. Apalagi sambil terus berkomentar musim lagi paceklik, tidak ada peluang.

“Langit di tahun 2022 akan tetap biru, tapi juga sesekali mendung, gerimis, dan badai. Tahun ini juga begitu kan? Sebelum pandemi juga begitu. Yang terpenting kan seberapa banyak yang berani jualan payung ketika mendung dan jualan es ketika cuaca terik,” jelas Adi Ming E menganalogikan kondisi ekonomi di tahun depan.

Baca juga: 7 Kesalahan Investasi yang Harus Dihindari Investor Pemula

Keberanian Adi Ming Luncurkan Proyek Perumahan di Tengah Pandemi

Sementara itu, Adi Ming E menuturkan, keberanian dirinya meluncurkan proyek perumahan terbaru di tengah pandemi, yakni Samera Djohor. Alasannya, selesainya beberapa proyek infrastruktur Pemerintah Daerah di kawasan tersebut. Mulai dari flyover, underpass, hingga pelebaran jalan, menjadikan Samera Djohor sangat ‘seksi’.

Chairman Samera Propertindo, Adi Ming E. (Sumber: Istimewa)

Misalnya, prospek kawasan ini semakin cerah dengan perencanaan Jalan Metropolitan Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo) yang menjadikan kawasan ini semakin vital. Baginya, tidak salah investor mempertimbangkan perkembangan kawasan lima atau sepuluh tahun lagi, tapi harus juga menghitung pertumbuhan jangka pendek.

Samera Djohor akan menjadi hunian yang sangat menyenangkan dan mengesankan. Infrastruktur sudah baik, fasilitas sudah lengkap, dan prospek pertumbuhan yang sangat cerah. Risiko nilai aset stagnan hingga sunset effect, sudah pasti tidak membebani pemilik hunian Samera Djohor,” ungkap Adi Ming E.

KELASTRADING

Berita Populer