Connect with us

Nasional

Tahap ke-21, Indonesia Kembali Kedatangan 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac

“Alhamdulillah, pada hari ini Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral COVAX Facility,”

Diterbitkan

on

Tahap ke-21, Indonesia Kembali Kedatangan 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac (suara pakar)
Kedatangan Vaksin COVID-19 Tahap ke-21 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (12/07/2021) siang. (Sumber: FB UNICEF Indonesia)

Suarapakar.com – Indonesia kembali kedatangan 10 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac, dalam bentuk bahan baku atau bulk. Kedatangan vaksin tahap ke-21 ini tiba di Tanah Air melalui Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Senin (12/7/2021).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin tersebut. Ia mengatakan, pemerintah kembali mengamankan pasokan vaksin yang diperlukan untuk pelaksanaan vaksinasi nasional yang menargetkan sekitar 181,5 juta penduduk Indonesia.

“Hari ini, 12 Juli 2021, kita kembali kedatangan 10.000.280 dosis bahan baku vaksin Sinovac,” ujar Budi Gunadi dikutip dari Sekretariat Kabinet RI.

“Kedatangan 10 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac ini menambah jumlah vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku menjadi totalnya 115.500.280 dosis,” lanjutnya.

Bahan baku vaksin ini, imbuh Budi, akan diolah menjadi vaksin jadi oleh Bio Farma (Kimia Farma).

“Dalam satu bulan ke depan, kita akan memiliki 93 juta dosis vaksin jadi Sinovac,” imbuhnya.

Vaksin jadi tersebut, kata Budi, kemudian akan didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia. Dituturkan Budi, percepatan vaksinasi nasional menjadi salah satu bagian dari upaya pemerintah untuk menanggulangi lonjakan kasus Covid-19 yang saat ini tengah terjadi.

Baca juga: Banyak Dapat Kecaman, Kimia Farma Tunda Vaksinasi Individu Berbayar

3 Juta Dosis Vaksin Moderna Dukungan dari AS Tiba di Indonesia

Vaksin Covid-19 tiba di Indonesia usai pengiriman dibawa dengan menggunakan pesawat. (Sumber: FB UNICEF Indonesia)

Sebelumnya, pada hari Minggu (11/07/2021), tiba sebanyak 3 juta dosis vaksin Covid-19 Moderna dalam bentuk jadi. Vaksin ini merupakan dukungan kerja sama dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan skema doses-sharing atau berbagi dosis vaksin.

“Alhamdulillah, pada hari ini Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral COVAX Facility,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin tersebut, Minggu (11/07/2021) secara virtual.

“Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari Pemerintah Amerika Serikat,” sambungnya.

Retno menambahkan, berdasarkan hasil komunikasi dengan Pemerintah AS, termasuk Menlu AS dan National Security Adviser AS, negara tersebut berkomitmen untuk memberikan 4.500.160 dosis vaksin kepada Indonesia melalui skema doses-sharing.

Melalui Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, Retno pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih dari Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah AS atas dukungan tersebut.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Amerika Serikat yang telah berbagi dosis kepada Indonesia melalui COVAX Facility,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga mengucapkan terima kasih kepada pihak lain yang turut terlibat, yaitu COVAX Facility, WHO, GAVI, CEPI, dan UNICEF.

GRANPRIZE

Berita Populer