Connect with us

Internasional

Susul Jepang-Taiwan, Vietnam Berencana Evakuasi Warganya dari Indonesia

“Maskapai penerbangan Jepang sedang mengupayakan penerbangan tambahan di luar jadwal reguler dari Bandara Soekarno-Hatta ke Narita Airport,”

Diterbitkan

on

Vietnam Berencana Evakuasi Warganya dari Indonesia (suara pakar)
Foto ilustrasi evakuasi warga dari Indonesia. (Sumber: cnnindonesia)

Suarapakar.com – Pemerintah Vietnam berencana mengevakuasi warganya dari Indonesia. Hal itu lantaran khawatir dengan lonjakan kasus Covid-19 Indonesia yang terus meningkat.

Kantor Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta mengaku telah berkoordinasi dengan instansi terkait. Untuk menyiapkan sejumlah penerbangan yang akan membawa pulang warga Vietnam dengan status prioritas.

“Hanya warga negara yang berada dalam kategori prioritas dan memiliki kebutuhan yang penting untuk kembali ke negara asalnya yang akan mendaftar dan bertanggung jawab atas isi pendaftaran,” kata Kedutaan Vietnam dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari cnnindonesia, Kamis (16/7/2021).

Sebagai upaya lanjutan penghitungan jumlah warga negara Vietnam yang masuk kategori prioritas di Indonesia, Kedutaan merekomendasikan agar mendaftarkan informasi mereka menggunakan formulir online.

“Sementara batas waktu pendaftaran hingga 23 Juli 2021,” lanjut pernyataan itu.

Terkait kepulangan warganya, Duta Besar Vietnam di Jakarta Pham Vinh Quang, Sekretaris Kedutaan Vietnam Trinh Thi Thuy Van, dan Humas Kedutaan Vietnam belum memberikan konfirmasi.

Baca juga: Pimpin Pertemuan ASEAN-Rusia, Menlu Dorong Kerja Sama Produksi Vaksin

Jepang hingga Arab Saudi Evakuasi Warganya dari Indonesia

Selain Vietnam, Jepang dan Taiwan juga memulangkan warganya dari Indonesia. Hal itu karena kasus lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Jepang mulai mengevakuasi warga negaranya pada Rabu (14/2021) lalu. Mereka menyiapkan dua maskapai penerbangan tambahan.

“Saat ini dua maskapai penerbangan Jepang sedang mengupayakan penerbangan tambahan di luar jadwal reguler dari Bandara Soekarno-Hatta ke Narita Airport,” ujar kantor kedutaan Jepang dalam keterangan resmi.

Selain itu, pemerintah Jepang bersama pihak swasta akan mengambil tindakan untuk mengantisipasi sulitnya mendapatkan penerbangan yang dialami warga mereka di Indonesia.

Diketahui, sudah 14 WN Jepang meninggal karena Covid-19 di Indonesia. Mereka mengaku sebisa mungkin melindungi warganya yang ingin kembali ke Jepang dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Arab Saudi membawa pulang salah satu warganya yang terinfeksi Covid-19 menggunakan pesawat khusus pada Sabtu (11/7/2021) lalu. Pemulangan itu dilakukan Departemen Evakuasi Medis Udara, menggunakan pesawat Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Pesawat evakuasi tersebut tiba di Riyadh usai melakukan penerbangan langsung selama 18 jam.

GRANPRIZE

Berita Populer