Connect with us

Nasional

Sungai Lau Borus di Kaki Gunung Sinabung Keluarkan Uap Panas

Uap panas tersebut diduga muncul akibat pertemuan antara air Sungai Lau Borus dengan awan panas yang berhulu di kaki gunung berapi tersebut.

Diterbitkan

on

Uap Panas kaki gunung sinabung (suara pakar)
Uap panas yang keluar dari Sungai Lau Borus di kaki Gunung Sinabung. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Sungai Lau Borus di kaki Gunung Sinabung mengeluarkan uap panas pascaerupsi disertai guguran awan panas yang terjadi sepekan terakhir.

Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan fenomena uap air panas terjadi sejak, Selasa (2/3/2021) lalu. Uap panas tersebut terpantau di hulu aliran sungai Lau Borus di Desa Gamber.

Uap panas tersebut diduga muncul akibat pertemuan antara air Sungai Lau Borus dengan awan panas Gunung Sinabung yang berhulu di kaki gunung berapi tersebut.

“Uap air panas ini diakibatkan pertemuan antara air dan awan panas di erupsi Gunung Sinabung 2 Maret 2021 lalu. Pertemuan ini menyebabkan uap air yang cukup tebal dengan asap berwarna putih kecokelatan,” kata Armen, Senin (8/3/2021).

Armen mengatakan potensi guguran awan panas ke kawasan Sungai Lau Borus tepatnya di Desa Gamber masih sangat tinggi.

“Karena itu, kami mengimbau warga untuk tidak memasuki kawasan tersebut karena sangat berbahaya,” ucapnya.

Baca juga: Gunung Sinabung 2 Kali Erupsi Sore ini, Luncuran Awan Panas Capai 2 KM

Status Gunung Sinabung Masih Level III

Saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga). Warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis.

Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Video Detik-Detik Uap Panas Keluar Dari Sungai Lau Borus

Reporter: Jafar Wijaya

Berita Populer