Connect with us

Gaya Hidup

Studi Ungkap Sering Minum Kopi Berisiko Alami Penyakit Ginjal

“Ada dua metabolit lain terkait dengan kopi yang secara mengejutkan terkait dengan risiko penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi,”

Diterbitkan

on

Minum Kopi Berisiko Alami Penyakit Ginjal (suara pakar)
Seorang pria sedang meminum kopi. (Sumber: insider.com)

Suarapakar.com – Studi terbaru mengungkapkan bahwa orang yang terlalu sering minum kopi lebih berisiko mengalami penyakit ginjal.

Hasil penelitian ini didapat setelah ilmuwan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health ini menganalisis hubungan minum kopi dan penyakit ginjal pada hampir 5 ribu orang.

Peneliti memeriksa 372 metabolit dalam darah yang terkait dengan metabolisme. Peneliti menemukan satu metabolit yang terkait dengan kopi yang dapat membantu ginjal lebih sehat.

Di sisi lain, peneliti menemukan dua metabolit terkait kopi yang meningkatkan risiko penyakit ginjal.

“Ada dua metabolit lain terkait dengan kopi yang secara mengejutkan terkait dengan risiko penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi,” kata peneliti yang merupakan profesor epidemiologi Casey Rebholz sebagaimana dikutip dari cnnindonesia, Senin (8/11/2021).

Peneliti juga menemukan metabolit ini terkait dengan merokok. Alhasil, minum kopi dan merokok semakin meningkatkan risiko pada penyakit ginjal.

“Senyawa ini juga dikaitkan dengan merokok, yang mungkin sebagian menjelaskan mengapa senyawa ini dikaitkan dengan risiko penyakit ginjal yang lebih tinggi,” kata Rebholz.

Penyakit ginjal kronis adalah kondisi kerusakan ginjal yang berlangsung jangka panjang. Menurut NHS, risiko penyakit ginjal kronis meliputi usia, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, infeksi ginjal, dan kondisi lain yang membebani ginjal.

Suarapakar.com - Kelas Fakartrading 1 bulan

Baca juga: Studi: Minum Kopi Dapat Mencegah Berbagai Penyakit Liver

5 Kesalahan Minum Kopi yang Bisa Picu Penyakit

Selain ginjal, hindari kesalahan minum kopi ini karena bisa memicu sejumlah penyakit. Berikut 5 kesalahan minum kopi:

1. Terlalu Banyak Minum Kopi

Study menemukan minum kopi lebih dari enam gelas perhari dikaitkan dengan volume otak yang mengecil. Serta dikaitkan dengan risiko demensia meningkat 53 persen.

2. Minum Kopi Larut Malam

Minum kopi larut malam dapat mengganggu waktu istirahat. Hal itu lantaran kafein dapat bertahan di aliran darah hingga 5 jam setelah meminumnya.

3. Gula Berlebihan

Study menunjukkan konsumsi gula berlebih dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif.

4. Minum Kopi Saat Masih Panas

Minum kopi dalam keadaan masih panas dapat membuat mulut terbakar dan meningkatkan risiko kanker. Studi menemukan suhu terbaik untuk minum kopi, yakni sekitar 57,8 C.

5. Berhenti Tiba-Tiba

Berhenti tiba-tiba setelah setiap hari minum kopi dapat menimbulkan gejala seperti sakit kepala. Jika ingin berhenti minum kopi, sebaiknya lakukan secara bertahap.

KELASTRADING

Berita Populer