Connect with us

Nasional

STOK Bina Guna Gelar Vaksinasi Massal Vaksin Pfizer

“STOK Bina Guna turut bersama-sama membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 melalui pemenuhan percepatan vaksinasi ini,”

Diterbitkan

on

STOK Bina Guna Gelar Vaksinasi Massal Vaksin Pfizer (suara pakar)
Ketua STOK Bina Guna dr Hj Liliana Puspa Sari, SPd, MKeS (baju orange) melihat pelaksanaan vaksinasi di Kampus STOK Bina Guna Jalan Alumunium Raya, Kota Medan, Kamis (28/10/2021). (Foto: Haris Dasril/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna Medan menggelar vaksinasi massal dosis pertama kepada 200 penerima di kampus Jalan Alumunium Raya Medan, Kamis (28/10/2021)

Ketua STOK Bina Guna dr Hj Liliana Puspa Sari SPd, MKes, mengatakan vaksinasi dosis pertama ini diperuntukkan bagi mahasiswa dan masyarakat. Sedangkan vaksin yang disuntikan adalah vaksin Pfizer.

“Alhamdulillah, hari ini kampus STOK Bina Guna menggelar vaksinasi ini untuk mahasiswa dan juga warga. Ada 200 dosis vaksin Pfizer yang kami berikan,” ungkapnya.

Wanita yang akrab disapa Lili itu menyebutkan, vaksinasi massal yang dilakukan pihaknya ini sebagai upaya turut membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Katanya, dengan vaksin ini kiranya meningkatkan imunitas dan membentuk herd immunity untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19

“STOK Bina Guna turut bersama-sama membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 melalui pemenuhan percepatan vaksinasi ini,” jelas Lili yang juga Ketua Umum Pengprov FOPI Sumut itu.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Baca juga: Pemprov Sumut Kaji Wacana Pembangunan Tol Medan-Berastagi

Meski Sudah Vaksin, Prokes Tetap Diterapkan

Sementara itu, Lili mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) meski sudah mendapatkan vaksin. Vaksinasi massal ini panitia menerapkan protokol kesehatan. Penerima datang wajib menggunakan masker dan dilakukan pengecekan suhu badan. Pengaturan jarak pun dilakukan saat penerima vaksin menunggu giliran.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut peserta wajib melalui beberapa langkah prosedur. Pertama, peserta vaksin diminta untuk cek kesiapan diri dengan membawa surat vaksin dosis pertama. Peserta diwajibkan melakukan registrasi dan verifikasi data. Pastikan data sesuai dan jika ada kesalahan seperti kesalahan penulisan nama atau alamat, agar segera dikonfirmasi.

Setelah registrasi, akan dilakukan screening awal yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Screening awal berupa cek tensi darah dan konfirmasi riwayat kesehatan. Peserta yang memenuhi syarat akan dapat melakukan vaksinasi. Setelah vaksin berlangsung, kepada peserta dilakukan observasi selama kurang lebih 30 menit untuk mengidentifikasi apakah ada respon tertentu yang terjadi pasca vaksin.

Seluruh peserta vaksin agar senantiasa menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas). Karena ini merupakan salah satu cara memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Berita Populer