Connect with us

Nasional

Situs PPDB Bermasalah, Puluhan Orang Tua Murid Datangi Disdik Sumut

“Kita Dinas Pendidikan tidak akan pernah merugikan calon peserta didik, sehingga kita berharap hari ini masalah-masalah yang dihadapi bisa di clearkan,”

Diterbitkan

on

Orang Tua Murid Datangi Disdik Medan
Suasana ruangan panitia PPDB Sumut di Kantor Dinas Pendidikan Sumut Jalan Tengku Cik Di Tiro, Madrasah Hulu, Kota Medan, Selasa, (8/6/2021). (Foto: M Ilham Pradilla/Suara Pakar).

Suarapakar.com – Puluhan orang tua murid keluhkan situs pendaftaran online Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 yang diselenggarakan di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Jalan Tengku Cik Di Tiro, Madrasah Hulu, Kota Medan, Selasa, (8/6/2021).

Dari pantauan tim Suara Pakar, tampak para peserta didik yang didampingi orang tuanya menunggu arahan dari panitia terkait aplikasi PPDB yang bermasalah.

Menurut salah seorang wali murid murid Febrina mengatakan bahwa aplikasi yang disajikan kepada calon peserta tidak maksimal. Karena sulit untuk mengetahui lebih detail permasalahan yang dihadapi.

“Yang mau kita tanya, mengenai peraturan PPDB itu sendiri kemudian NIM yang terendah itu berapa masuknya, zonasi jarak kilometer yang diterima maksimal berapa,” jelas Febrina.

Para orang tua murid meminta kepada pihak penyelenggara agar menyediakan pelayanan offline yang bisa membantu saat ada kendala yang menimpa. Jadi, menurutnya ada komunikasi dua arah.

“Nah sebenarnya banyak pertanyaan yang tidak kongkrit yang melalui Google. Kalau google itu kan satu arah. Jadi kita tidak puas. Kita kan pengennya 2 arah kalaupun ada pertanyaan yang ingin kita tanyakan jadi kita puas,” ungkapnya.

Febrina juga menyebutkan, seharusnya situs tersebut sudah diuji coba terlebih dahulu sebelum digunakan. Sehingga tidak ada permasalahan yang akan timbul saat melakukan pendaftaran.

“Kalaupun anak kita tidak masuk, bisa cari alternatif yang lain. Kalau di Google tidak jelas informasi terkait NIM terendah berapa, jarak kilometer yang berapa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Febrina mengungkapkan kekecewaannya terhadap pihak penyelenggaraan yang dinilai kacau dan tidak diatur dengan baik sehingga merugikan banyak waktu.

“Kalau semua jelaskan, semua orang enggak perlu kemari. Apalagi ini dimasa pandemi,” pungkasnya.

Tampilan laman PPDB Sumut. (https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id/)

Baca juga: Dipecat Sepihak, 3 Koki Restoran Jepang Mengadu ke DPRD Medan

Situs bermasalah, Ini Respon Panitia PPDB Sumut

Terkait masalah tersebut, Sekretaris PPDB Sumut Suhendri menyebutkan bahwa kendalanya ada di handphone para peserta. Menurutnya, perangkat handphone peserta terlalu berat karena tidak menghapus story pencarian sehingga menyebabkan susah untuk masuk ke aplikasi PPDB.

“Ada kesalahan dalam menggunakan alat komunikasi. Kebanyakan ada yang memakai handphone. Kemudian cache, historis yang ada di handphone itu tidak dihapus. Sehingga teman-teman, bapak ibu masyarakat mengalami kendala disitu. Itu saja sebenarnya,” sebutnya.

Meski begitu, pihaknya berjanji akan tetap melakukan pengarahan atau edukasi terhadap masyarakat terkait situs PPDB yang bermasalah.

“Kita Dinas Pendidikan tidak akan pernah merugikan calon peserta didik, sehingga kita berharap hari ini masalah-masalah yang dihadapi bisa di clearkan. Dan Masyarakat kita harapkan hari ini juga akan menjadi corong sehingga tidak ada kendala yang dialami hari ini,” tuturnya.

Reporter: M Ilham Pradilla

Berita Populer