Connect with us

Nasional

Siapkan 240 Kamar, Asrama Haji Medan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

“Ini kita akan mulai membuka isolasi terpadu di asrama haji, itu ada 240 lebih kamar, untuk pasien pasien yang kriteria ringan,”

Diterbitkan

on

Asrama Haji Medan Jadi Tempat Isolasi (suara pakar)
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah. (Sumber: Istimewa/Alfiansyah)

Suarapakar.com – Sebanyak 240 kamar disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk tempat isolasi pasien Covid-19 di Asrama Haji Medan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah, saat diwawancarai di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Senin (2/8/2021).

Ia menjelaskan, Pemprovsu akan membuat Asrama Haji Medan sebagai tempat isolasi terpadu bagi pasien Covid-19.

“Ini kita akan mulai membuka isolasi terpadu di asrama haji, itu ada 240 lebih kamar, untuk pasien pasien yang kriteria ringan,” ujarnya.

Baca juga: Kampung Sejahtera Bakal Menjadi Kawasan Bersih Sampah

Warga Sumut yang Tak Bermasker Bakal Diswab

Selain itu, dikatakan Aris, Pemprovsu juga akan melakukan operasi yustisi dan melakukan swab terhadap masyarakat yang beraktivitas tidak menggunakan masker. Yang hasilnya positif, akan langsung dibawa ke Asrama Haji Medan untuk dilakukan isolasi.

“Jadi akan ada operasi yuatisi yang tidak pakai masker, langsung di swab, kalau hasinya positif langsung di bawak kesana,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini Sumut masih 60 persen pemakaian Bed Occupancy Red (BOR).

“Saat ini tingkat keterpakaian Bed Occupancy Red (BOR) di Sumut masih berkisar 60 persen,” pungkas Aris.

Diketahui, adapun fasilitas isolasi tersebut dibuka disebabkan gencarnya Pemprovsu dalam melakukan test, tracing, treathment (3T) untuk menekan penyebaran Covid-19.

Reporter: Alfiansyah

Berita Populer