Connect with us

MotoGP

Seri Australia Resmi Dibatalkan, Jadwal MotoGP 2021 Kembali Berubah

Perubahan jadwal usai pembatalan seri Australia ialah MotoGP Malaysia yang semula digelar 31 Oktober akan maju sepekan ke 24 Oktober.

Diterbitkan

on

Jadwal MotoGP 2021 Kembali Berubah (suara pakar)
Sirkuit Philip Island, (Sumber: Twitter MotoGP)

Suarapakar.com – MotoGP Australia 2021 yang akan digelar pada 24 Oktober mendatang di sirkuit Philip Island, Ventnor batal digelar untuk kedua kalinya. Jadwal MotoGP 2021 pun kembali berubah.

Dorna Sport sebagai pengelola MotoGP mengatakan bahwa MotoGP Australia 2021 terpaksa dibatalkan karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Australia. Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, komplikasi perjalanan yang muncul, serta pembatasan logistik membuat seri tersebut tidak dapat dikonfirmasi untuk saat ini,” demikian kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dikutip dari MotoGP, Selasa (6/7/2021).

Oleh karena itu balapan tidak akan ditampilkan di kalender 2021,” lanjutnya.

Ezpeleta mengatakan, pada dasarnya mereka menawarkan kami untuk tetap berada di gelembung. Akan tetapi, menerapkan gelembung di Phillip Island sangat sulit karena sebagian besar masyarakat Australia tidak tinggal di hotel melainkan di rumah.

Selain itu, otoritas setempat juga mewajibkan siapa saja yang memasuki Australia untuk menjalani karantina selama 14 hari. Aturan itu kemungkinan besar bertahan hingga akhir tahun.

Oleh karena itu, hal tersebut tidak memungkinkan bagi rombongan MotoGP untuk tinggal di Phillip Island, pulau yang terletak 125km di selatan Melbourne.

“Kami telah berdiskusi dengan otoritas Australia dan pihak penyelenggara Australian Grand Prix Corporation dan sayangnya tidak memungkinkan, sesuai kesepakatan kami, untuk pergi ke Phillip Island tahun ini,” kata Carmelo Ezpeleta.

Kalender MotoGP 2021, (Sumber: Twitter MotoGP)

Baca juga: Di Paruh Musim Kedua, Marc Marquez Siap Ramaikan Persaingan Gelar Juara

Algarve Masuk Kalender MotoGP 2021

Adapun perubahan jadwal usai pembatalan seri Australia ialah MotoGP Malaysia yang semula digelar 31 Oktober akan maju sepekan ke 24 Oktober. Yang awalnya menjadi tanggal balapan MotoGP Australia.

Sementara itu, MotoGP Thailand diundur satu pekan ke 17 Oktober. Sehingga memungkinkan dua balapan beruntun selama tur Asia Tenggara.

Selain itu, Dorna Sport juga menambahkan Portugal dalam kalender terbaru MotoGP 2021 pada 5 hingga 7 November dengan nama MotoGP Algarve.

Portugal, akan kembali menjadi tuan rumah balapan untuk kedua kalinya musim ini, setelah seri ketiga pada 18 April lalu. Balapan di Sirkuit Algarve akan mengisi slot balapan tanggal 7 November, satu pekan sebelum seri pemungkas di Valencia.

Seri penutup MotoGP 2021 akan tetap digelar di MotoGP Valencia pada 14 November mendatang.

GRANPRIZE

Berita Populer