Connect with us

Nasional

RS Lakukan Pungli ke Pasien Covid-19, Bobby Nasution: Akan Kita Tutup

“Terkhusus yang kasusnya berat ini udah di tanggung langsung oleh Menteri Kesehatan. OTG sudah kami tanggung,”

Diterbitkan

on

RS Lakukan Pungli ke Pasien Covid-19 (suara pakar)
Wali Kota Medan, Bobby Nasution. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Wali Kota Medan, Bobby Nasution akan menutup rumah sakit (rs) yang meminta pungutan liar (pungli) terhadap pasien yang terpapar Covid-19. Hal itu menanggapi kejadian dari beberapa hari lalu, dimana pihak rumah sakit mengenakan biaya administrasi kepada pasien Covid-19.

Bobby mengatakan bahwa pihaknya akan menegur dan melakukan penutupan terhadap rumah sakit yang terbukti melakukan pungli kepada pasien Covid-19. Menurutnya, itu memeras rakyat di tengah kondisi bencana seperti ini

“Kalau ada rumah sakit yang minta-minta uang kita lakukan peneguran. Dan seperti itu akan kita tutup aja itu. Gak bagus itu malah menyulitkan masyarakat,” ungkapnya, Kamis (5/8/2021).

Bobby mengungkapkan bahwa ia akan melakukan penyelidikan terhadap pihak rumah sakit yang berani melakukan pungli terhadap pasien Covid-19. Ia akan menilai, apakah rumah sakit tersebut sudah sesuai standar atau belum.

“Kalau ada rumah sakit yang minta-minta biaya kita akan tegur nanti kita lihat di sudah ikuti peraturan atau tidak, kalau tidak ikutin peraturan akan kita tindak,”

Baca juga: Wali Kota Medan Evakuasi 15 Anak yang Terpapar Covid-19 di Panti Asuhan

Bobby: Pasien Covid-19 Ditanggung Pemerintah, OTG Kami Tanggung

Dikatakannya Bobby bahwa hal semacam itu adalah tindakan yang tidak pantas ditiru di tengah masa-masa sulit seperti ini. Karena biaya tersebut sudah ditanggung oleh pemerintah.

“Ini di tengah bencana seperti ini, bencana non alam, jangan ambil-ambil kesempatan ini udah jelas biayanya itu di tanggung Pemerintah, sudah jelas aturannya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bobby pun mengimbau kepada masyarakat yang menjadi korban pemungutan biaya agar jangan mau dimintai duit. Dan segera melaporkan kepada Pemko Medan agar oknum ataupun pihak rumah sakit tersebut segera ditindak.

“Ini saya sampaikan kepada masyarakat kalau ada rumah sakit yang meminta-minta biaya Covid 19, jangan mau. Laporkan ke kami, terkhusus yang kasusnya berat ini udah di tanggung langsung oleh Menteri Kesehatan,” tuturnya.

“Dan yang tidak di tanggung pun seperti OTG sudah kami tanggung, kalau itu masuk ke isoter itu gratis semuanya,” lanjutnya.

Berita Populer