Connect with us

Nasional

Rektor UI Ari Kuncoro Putuskan Mundur dari Wakil Komisaris Utama BRI

“Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI,”

Diterbitkan

on

Rektor UI Ari Kuncoro Putuskan Mundur (suara pakar)
Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro. (Sumber: Tempo)

Suarapakar.com – Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.

Pengunduran diri Ari Kuncoro dari Wakil Komisaris Utama BRI itu tertulis dalam keterbukaan informasi yang disampaikannya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun informasi terkait hal ini dapat diakses pada situs web bursa efek dan perseroan pada tanggal 22 Juli 2021.

“Pengunduran diri Sdr Ari Kuncoro dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan. Tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional emiten atau perusahaan publik,” tulis Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterbukaan informasi, Kamis (22/7/2021).

Sementara itu, Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI. Setelah itu, Kementerian BUMN menginformasikannya secara resmi kepada pihak Perseroan.

“Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI,” tulis Biro Humas Kementerian BUMN dalam keterangan tertulis,

Adapun proses selanjutnya, Perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur. Perseroan berkomitmen untuk terus menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

Mulai dari seluruh lapisan, baik top level management dalam hal ini Dewan Komisaris dan Direksi, hingga jajaran pekerja di seluruh Unit Kerja Perseroan.

Komitmen tersebut dijalankan pada setiap kegiatan usaha Perseroan, yang merupakan perwujudan dari visi dan misi Perseroan, corporate values dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan Perseroan.

Baca juga: Kisruh Rangkap Jabatan, Natalius: Jokowi Merusak Indonesia

Polemik Rangkap Jabatan Ari Kuncoro

Sebelumnya, nama Ari Kuncoro ramai diperbincangkan karena polemik rangkap jabatan sebagai komisaris BUMN sekaligus Rektor UI. Ari Kuncoro diperbolehkan rangkap jabatan oleh Presiden Jokowi lewat peraturan pemerintah yang baru diterbitkan, yakni PP No. 75 tahun 2021 tentang Statuta UI.

Ari Kuncoro sendiri merupakan alumnus Fakultas Ekonomi UI angkatan 1981. Ia satu angkatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ari lulus sarjana dengan konsentrasi ekonomi moneter. Ia juga menyandang gelar master of arts dari University of Minnesota serta Ph.D bidang ilmu ekonomi dari Brown University, Amerika Serikat.

GRANPRIZE

Berita Populer