Connect with us

Nasional

Ratusan Pasien Covid-19 Wafat saat Isoman, DPR Desak ‘Telemedicine’ Diperluas

Layanan telemedicine ini untuk mempermudah masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk konsultasi kesehatan secara virtual tanpa harus datang ke rumah sakit.

Diterbitkan

on

DPR Desak 'Telemedicine' Diperluas (suara pakar)
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris. (Sumber: DPR RI/Eno)

Suarapakar.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperluas layanan telemedicine dan obat ke pasien isolasi mandiri (isoman).

Hal tersebut diungkapkan Charles merespons pernyataan Kelompok Pemantau Perkembangan Corona (LaporCovid-19) yang menyebut ada 547 orang pasien Covid-19 wafat saat melakukan isoman.

“Pemerintah harus memastikan bahwa setiap pasien Covid-19 baik yang dirawat di rumah sakit maupun yang melakukan isolasi mandiri harus bisa mendapatkan akses konsultasi dokter dan obat-obatan yang dibutuhkan,” kata Charles dikutip dari laman resmi DPR, Kamis (15/7/2021).

Charles menilai, program telemedicine dan obat gratis bagi warga yang isoman dari Kemenkes sudah baik. Namun, ia mendesak program tersebut segera diperluas.

“Layanan tersebut harus segera diperluas sehingga pasien di luar Jabodetabek yang melakukan isolasi mandiri tetap bisa dimonitor oleh tenaga kesehatan dan mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan,” pinta Charles.

Legislator F-PDI Perjuangan itu juga mendorong TNI, Porli hingga perangkat RT/RW dilibatkan untuk mengawasi pasian Corona yang sedang isolasi mandiri untuk memastikan kondisi pasien.

Pemerintah juga harus memberdayakan perangkat di wilayah, seperti RT/RW, Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan monitoring terhadap pasien Covid di bawah pengawasan puskesmas setempat,” tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Jual Belikan Vaksin Covid-19, DPR: Vaksinasi Itu Semestinya Gratis

Kemenkes Perluas Layanan Telemedisin dan Obat Gratis Pasien Isoman

Menanggapi hal tersebut, Kemenkes memutuskan untuk memperluas layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui layanan telemedisin bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri ke 4 wilayah. Keempat wilayah itu, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Diujicobakan di Jakarta pada 7 Juli lalu, layanan telemedicine ini hadir untuk mempermudah masyarakat terutama yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk konsultasi kesehatan secara virtual tanpa harus datang ke rumah sakit (RS). Serta untuk mengurangi beban keterisian tempat tidur di RS, sehingga layanannya bisa digunakan untuk pasien bergejala sedang, berat, dan kritis.

Total ada sebelas platform telemedisin di Indonesia yang bekerja sama dengan Kemenkes, Platform tersebut, yakni Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, KlinikGo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

GRANPRIZE

Berita Populer