Connect with us

Sepakbola

Polri Beri Izin Kompetisi Liga 1 dan Liga 2, Kick Off 27 Agustus 2021

“Apabila angka Covid kembali meningkat, tentunya kita akan melakukan evaluasi disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan Covid di lapangan,”

Diterbitkan

on

Kapolri Listyo Sigit Prabowo memberikan izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021/2022 kepada Menpora Zainudin Amali, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/8) sore. (Sumber: Div Humas Mabes Polri)

Suarapakar.com – Kepolisian akhirnya merestui Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 bergulir, setelah menerbitkan izin pelaksanaan kick off akan berlangsung 27 Agustus 2021 mendatang.

Pemberian izin ini diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/8/2021).

“Oleh karena itu, mendasari hasil assesment dan kegiatan PPKM, maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait dengan perizinan untuk dilaksanakan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2,” kata Kapolri.

Sedangkan Menpora Zainudin Amali mengungkapkan bahwa Liga 1 dan Liga 2 sudah terhenti selama 1 tahun akibat pandemi. Meskipun pada bulan Maret dan bulan April digelar turnamen pramusim Piala Menpora dengan sukses.

“Tentu kita tidak bisa berdiam diri, kita sangat sadar bahwa sekarang suasananya masih dalam situasi pandemi, tetapi pandemi ini tidak boleh membuat kita tidak berkegiatan, aspirasi dari masyarakat supaya kegiatan sepak bola harus segera digulirkan. Mereka yang sekarang sedang ada di rumah juga butuh tontonan,” katanya.

Di samping itu, bagi pemerintah sendiri khususnya Kemenpora, dengan berlangsungnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ini, ada kepentingan untuk pembentukan Tim Nasional. Karena tahun 2023 nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 (Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-20).

Baca juga: Hadapi Liga 2, PSMS Panggil Seluruh Pemain Kembali Latihan

Tanpa Penonton, Kasus Covid-19 Meningkat Liga 1 dan Liga 2 Dievaluasi

Kapolri mengingatkan bahwa kompeitis Liga 1 dan Liga 2 2021/2022 digelar tanpa penonton. Selain itu, [ihaknya menegaksna, pertandingan berlangsung dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Kita sepakat dan ini juga sudah disetujui oleh PSSI, pemilik klub, pemimpin suporter untuk penyelenggaraan kali ini kita kawal dan dilaksanakan tanpa adanya penonton dan dilaksanakan dengan penegakkan prokes secara ketat,” jelasnya.

Kapolri Sigit memastikan kegiatan ini akan dievaluasi. Apabila nanti hasil dari evaluasi tidak terdampak dari penyelenggaraan tersebut, maka di minggu berikutnya akan ditentukan penambahan lokasi pertandingan ataupun kebijakan-kebijakan lain untuk memberikan kesempatan agar kegiatan ini terus berlanjut.

“Tentunya yang menjadi catatan bahwa apabila angka Covid kembali meningkat, tentunya kita akan melakukan evaluasi disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan Covid di lapangan,” pungkas Kapolri.

KELASTRADING

Berita Populer