Connect with us

Tekno Sains

Polisi Amerika Pakai Robot Anjing untuk Bantu Berantas Kejahatan

Polisi Amerika manfaatkan robot anjing untuk membantu berantas kejahatan.

Diterbitkan

on

(suara pakar)
Robot Anjing DigDog (Sumber: Nytimes)

Suarapakar.com – Sebuah laporan baru dari New York Times merinci bagaimana polisi New York menggunakan robot anjing untuk membantu pemberantasan kejahatan di kota. Kisah terbaru adalah tentang dua pria yang diculik di sebuah apartemen di daerah Bronx.

Menurut laporan New York Times, kedua penculik telah memasuki apartemen dengan berpura-pura menjadi tukang ledeng (keran air) namun malah menyandera penghuninya dan mengikat mereka selama beberapa jam. Salah satu korban berhasil meloloskan diri dari orang-orang bersenjata tersebut dan kemudian menghubungi polisi.

Saat polisi tiba di lokasi, karena tidak yakin apakah para perampok masih berada di dalam apartemen, mereka mengerahkan seekor anjing robotik bernama Digidog.

Robot tersebut dilengkapi dengan kamera dan lampu yang memungkinkan polisi untuk melihat pemandangan dari jarak jauh.

Tim polisi juga mengungkapkan bahwa robot anjing dapat melihat dengan jelas dalam kegelapan berkat kamera night vision.

Dalam kasus ini, polisi menggunakan Digidog dan mengetahui bahwa ruangan itu sudah kosong karena para pria bersenjata telah melarikan diri dari tempat kejadian.

Polisi setempat masih mencari dua perampok yang diketahui telah mencuri ponsel dan uang tunai sebesar $2.000 serta membakar salah satu korban dengan besi solder.

Baca juga: Gunung Es Berukuran Raksasa di Antartika Terbelah, Besarnya Dua Kali Jakarta

Bantu Kurangi Korban Jiwa

Robot Anjing digidog

Robot digidog (Sumber: Gizmochina)

Meskipun ada kekhawatiran yang muncul dari teknologi robotika yang terus berkembang, namun tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi tersebut membawa manfaat yang sangat besar.

Salah seorang mantan tim SWAT, Keith Taylor, mengatakan bahwa adanya perangkat yang dapat mengumpulkan informasi dari jarak jauh meski dalam situasi yang tidak stabil sangat membantu terutama untuk mengurangi jumlah korban jiwa.

“Penting untuk diperiksa polisi, tapi manfaatnya sudah jelas terlihat. “Tujuannya adalah untuk membantu polisi mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa terjadinya baku tembak yang fatal.” seperti dilansir dari New York Times Selasa, (2/3/2021).

Departemen Kepolisian New York adalah salah satu dari tiga kantor polisi di Amerika Serikat yang juga menggunakan robot anjing. Robot yang dimaksud adalah robot Boston Dynamics yang mulai dijual pada tahun lalu.

Mengutip ghizmochina, pada 2016 lalu, polisi di Amerika juga pernah menghadapi seorang pria bersenjata yang membunuh lima petugas polisi di Dallas dan akhirnya menjatuhkannya dengan robot.

Kisah lainnya, pada 2015 ada seorang pria yang membawa pisau dan mengancam akan melompat dari jembatan di San Jose, California. Polisi juga menggunakan robot anjing untuk memberinya ponsel dan pizza, dan akhirnya menangkapnya.

Berita Populer