Connect with us

Nasional

Polda Sumut: Sepekan PPKM Darurat, Mobilitas Masyarakat Turun Drastis

“Kami berharap dengan pemberlakuan PPKM Darurat dapat menekan penyebaran Covid-19, Sehingga aktifitas masyarakat dapat kembali normal,”

Diterbitkan

on

Suasana Jalan Selama PPKM Darurat (suara pakar)
Kawasan Jalan Sisingamangaraja simpang Tirtanadi Medan terpantau sepi dari aktivitas warga. (Foto: Vicky Siregar/ Suara Pakar)

Suarapakar.com – Mobilitas masyarakat Kota Medan mengalami penurunan secara drastis sejak PPKM Darurat yang telah berlangsung dalam enam hari terakhir. Situasi tersebut terpantau melalui pengelolaan arus lalulintas lapangan dan pantauan CCTV.

“Kita mencatat adanya penurunan mobilitas masyarakat dan kendaraan selama enam hari penerapan PPKM Darurat Kota Medan,” kata Kasatgasopsda Aman Nusa II Kombes Pol Yus Nurjaman melalui pesan tertulisnya, Senin (19/7/2021).

Menurut Direktur Sabhara Polda Sumut ini, turunnya jumlah mobilisasi masyarakat dan kendaraan karena pemberlakukan pengelolaan ruas jalan. Pengelolaan ini terdapat 31 titik dari luar kota maupun dalam Kota Medan selama PPKM Darurat.

Seperti pantauan dari Pos Manhattan, Pos Cambridge, Pos simpang Binjai, Pos Sei Sikambing dan beberapa pos lainnya, jumlah kendaraan yang melintas mengalami penurunan signifikan.

Kemudian pantauan CCTV ATCS Kota Medan mendapati beberapa ruas jalan juga terlihat lengang. Seperti Jalan Halat kondisi lancar, Jalan Sisingamangaraja simpang Amplas terlihat lancar, Jalan MT Haryono simpang Uniland juga tampak lancar, selama berlangsungnya PPKM Darurat.

“Pengelolaan ruas Jalan terlaksana dari Pukul 07.00 WIB hingga Pukul 00.00 WIB. Tujuannya agar masyarakat yang tidak mempunyai kepentingan mendesak untuk tetap berada di rumah. Upaya ini agar tercapai memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Nurjaman.

Baca juga: Kasus Terpapar Covid-19 di Sumut Terus Meningkat

PPKM Darurat Dilakukan Masif dan Humanis

Yus Nurjaman menuturkan, selama pelaksanaan PPKM Darurat Kota Medan dilakukan secara masif dan humanis oleh TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan Satgas Gakkum. Upaya kegiatan tersebut, dapat menekan penyebaran Covid-19 yang kasusnya kian meningkat pada sejumlah wilayah Sumatera Utara.

“Kami berharap dengan pemberlakuan PPKM Darurat dapat menekan penyebaran Covid-19, Sehingga aktifitas masyarakat dapat kembali normal,” pungkasnya.

GRANPRIZE

Berita Populer