Connect with us

Nasional

Polda Sumut Larang Mudik Nataru, Perbatasan dan Perlintasan Disekat

“Skemanya sama seperti waktu PPKM Level 4, dan pola penyekatan Idul Fitri itu sama nanti skemanya yang akan diterapkan di Nataru,”

Diterbitkan

on

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi. (Sumber: Humas Polda Sumut)

Suarapakar.com – Polda Sumut larang masyarakat mudik atau pun berlibur saat Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Saat kedua momen tersebut, Polda Sumut akan lakukan penyekatan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi menegaskan, Polda Sumut melarang masyarakat mudik atau pun berlibur tersebut sebagai langkah mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

“Antisipasi terjadi gelombang ketiga (Covid-19), ataupun tidak diizinnya untuk melakukan mudik di libur Nataru,” jelas Hadi kepada wartawan di Lapangan Benteng Medan, Rabu (3/11/2021).

Hadi mengatakan bentuk antisipasi pencegahan dan penanganan Covid-19 jelang libur Nataru tak jauh beda dengan skema penyekatan yang dilakukan pada Idul Fitri lalu.

“Skemanya sama seperti waktu PPKM Level 4, dan pola penyekatan Idul Fitri itu sama nanti skemanya yang akan diterapkan di Nataru,” kata Hadi.

Hadi memastikan selain melakukan penyekatan di titik perbatasan dan ruas perlintasan saat libur Natal dan Tahun Baru 2022, Polda Sumut juga terus menggenjot vaksinasi bersama TNI sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

“TNI Polri sampai dengan saat ini masih terus bersinergi untuk mengakselerasi atau percepatan proses vaksin di seluruh wilayah Sumatera Utara, target kita sampai akhir tahun ini 70 persen. Itu yang kita genjot dengan berbagai cara, door to door, mendatangi sentra-sentra pusat keramaian,” pungkasnya.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Baca juga: Masih 46,9 Persen, Panglima TNI Soroti Vaksinasi di Sumut

Polda Sumut Imbau Masyarakat di Rumah Saja Saat Nataru

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan pihaknya akan melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan, guna mengurangi mobilisasi masyarakat.

“Saya imbau nanti pada saat pelaksanaan Natal dan tahun baru kami dari Kepolisian Daerah Sumatera Utara kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan mobilisasi massa dari satu tempat ke tempat lain,” katanya.

“Kita sama-sama laksanakan Natal dan Tahun Baru ini di rumah saja,” tambah Panca.

Panca mengatakan, hal itu diupayakan untuk memastikan angka penularan Covid-19 di Sumut tetap terkendali. Apalagi, angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 belakangan ini menunjukkan tren penurunan.

“Libur Natal dan Tahun Baru menjadi tantangan. Saya mohon masyarakat tidak abai meskipun kondisi Covid kita saat ini menurun. Tetap menjaga protokol kesehatan (prokes),” imbaunya.

Reporter: Ilham

Berita Populer