Connect with us

Kriminal

Polda Riau Ungkap 108 Kg Sabu Dari Malaysia, 4 Pelaku Diamankan

“Sabu 108 kg ini datang dari Malaysia, masuk ke Kabupaten Bengkalis dan akan diedarkan di Pekanbaru”.

Diterbitkan

on

Polda Riau Ungkap 108 Kg Sabu Dari Malaysia, 4 Pelaku Diamankan (suara pakar)
Kapolda Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam rilis kasus narkoba di Mapolda Riau, Rabu (7/7/2021). (Foto: Zulfan Taufik/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Polda Riau berhasil menggagalkan peredaran 108 Kg sabu dari Malaysia di tiga lokasi berbeda. Pengungkapan tersebut dilakukan di Jalan Paus, Kecamatan Rumbai Pesisir, Jalan Labersa, Kecamatan Bukit Raya dan di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis.

Dimana pengungkapan ini merupakan hasil pengembangan dari Polres Dumai dengan mengungkap 17 Kg sabu yang dipesan dari seseorang di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah kita mengamankan 4 orang pelaku. Pelaku pertama BO dan BY ini merupakan kakak adik. Dan dua lagi RO dan RI merupakan pengendali jaringan Lapas Bangkinang, Kabupaten Kampar. Dari pelaku BO dan BY disita 108 kg sabu yang juga dipesan oleh orang di Pekanbaru,” kata Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Rabu (7/7/2021) pagi.

Agung mengatakan, dari hasil interogasi, pengakuan tersangka BO sudah melakoni pekerjaan tersebut sebanyak 2 kali dimana upah yang dijanjikan Rp10 juta.

Sabu 108 kg ini datang dari Malaysia, masuk ke Kabupaten Bengkalis dan akan diedarkan di Pekanbaru. Barang BO dan BY ini kita tangkap di Jalan Paus 38 Kg, dikembangkan di Jalan Labersa 22 Kg, dikembangkan lagi di Bengkalis 48 Kg,” sambung Agung.

Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut, berawal saat Timsus Ditresnarkoba Polda Riau, Minggu (4/7/2021) mendapatkan informasi bahwa akan ada transaksi sabu dalam jumlah besar.

Baca juga: Rumah Tempat Pesta Narkoba di Percut Sei Tuan Digerebek

Para Tersangka Terancam Hukuman Mati

Para pelaku saat diamankan. (Foto: Zulfan Taufik/Suara Pakar)

Di mana informasi itu menyebutkan, bahwa seorang laki-laki yang menggunakan mobil Toyota Agya 1144 TY akan membawa narkotika.

Menerima informasi itu, tim langsung bergerak, Senin (5/7/2021) sekitar pukul 09.30 WIB, diketahui bahwa tersangka BO yang akan melakukan transaksi. Dan tim kemudian mengikuti mobil tersebut.

Saat mobil berhenti di Jalan Paus, Kecamatan Rumbai Pesisir, tim melihat tersangka BO akan transaksi narkoba, tim langsung melakukan penyergapan.

Dari penyergapan itu, petugas berhasil mengamankan seorang tersangka BY yang merupakan adik tersangka BO. Tanpa mengulur waktu, timpun langsung melakukan penggeledahan berhasil mengamankan 38 Kg sabu.

Atas temuan barang haram itu, kemudian dilakukan pengembangan kasus dan mengamankan 22 Kg sabu di Jalan Labersa serta 48 Kg sabu di Bengkalis.

“Atas perbuatannya, mereka disangkakan Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman mati atau penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun,” pungkasnya.

Kontributor: Zulfan Taufik

GRANPRIZE

Berita Populer