Connect with us

Nasional

Pinjol Ilegal Dioperasikan WNA, Wihadi Wiyanto Minta Kepolisian Agar Waspada

“Jangan-jangan jaringan internasional yang memang melakukan sistem pinjol dikendalikan oleh WNA,”

Diterbitkan

on

pinjol ilegal dioperasikan WNA (suara pakar)
Anggota Komisi XI DPR RI Wihadi Wiyanto. (Sumber: dpr.go.id)

Suarapakar.com – Kasus pinjaman online (pinjol) kian marak terjadi. Kuat dugaan, pinjol ilegal dioperasikan WNA yang memiliki jaringan internasional.

Dugaan tersebut disampaikan Anggota Komisi 3 DPR RI Wihadi Wiyanto. Politisi Partai Gerindra ini juga menyambut baik adanya penegakan hukum yang tegas dilakukan pihak kepolisian kepada pinjol-pinjol ilegal.

“Saya menyambut baik adanya penegakan hukum yang jelas dilakukan pihak kepolisian melakukan tindakan kepada pinjol-pinjol ilegal,” kata Wihadi Wiyanto, mengutip dari akun Twitter @Gerindra, Kamis (26/8/2021).

Namun ia juga meminta kepada penegak hukum agar dapat mewaspadai maraknya pinjaman online saat ini beredar di sosial media diduga dikendalikan oleh warga negara asing (WNA).

“Namun ini mestinya diwaspadai karena pinjol-pinjol ilegal ini tidak berdiri sendiri. Karena dibelakang pinjol ilegal ini dari laporan kepolisian banyak dipunyai warga negara asing (WNA),” ujarnya.

Baca juga: Gadis Honorer di Jember Bunuh Diri Akibat Teror Pinjol

Kuat Dugaan Pinjol Jaringan Internasional

Wihadi melanjutkan, adanya contoh kasus pinjol ilegal di Jakarta Utara yang diduga dioperasikan oleh WNA. Iia meminta kepada semua pihak termasuk kepolisian harus waspada karena keberadaan pinjol ilegal mengarah kepada masalah rentenir yang banyak dilakukan WNA.

“Jadi ini harus ada kehati-hatian dan juga kewaspadaan dari pihak kepolisian bahwa ini jangan-jangan jaringan internasional yang memang melakukan sistem pinjol dikendalikan oleh WNA,” tutupnya.

Berita Populer