Connect with us

Kriminal

Petugas Rutan Pekanbaru Gagalkan Percobaan Kabur 3 Tahanan Narkoba

“Tiga orang ini juga pernah mencoba melarikan diri sebelumnya. Dimana mereka ini sebelumnya ditahan di Lapas Pemasyarakatan Narkotika,”

Diterbitkan

on

Percobaan Kabur 3 Tahanan Narkoba
Ventilasi rutan yang dijebolkan oleh 3 tahanan di Pekanbaru, (Foto: Zulfan Taufik/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Pekanbaru berhasil menggagalkan upaya percobaan melarikan diri tiga orang warga binaan pemasyarakatan (WBP), Sabtu (10/7/2021) pukul 03.00 WIB.

Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru, M Lukman membenarkan kejadian tersebut. Ketiganya kabur dan sudah kembali ditangkap.

“Benar ada tiga orang warga binaan mencoba melarikan diri dengan menjebol ventilasi kamar,” katanya, Minggu(11/7/2021) siang melalui telepon seluler.

Sebelumnya, dikatakan Lukman, tiga orang warga binaan tersebut juga pernah mencoba melarikan diri.

“Tiga orang ini juga pernah mencoba melarikan diri sebelumnya. Dimana mereka ini sebelumnya ditahan di Lapas Pemasyarakatan Narkotika,” ujarnya.

“Ketiga orang ini berinisial IP, FH dan UAH,” sambungnya.

Baca juga: Diduga Korban Pembunuhan, Mayat Wanita Hangus Terbakar di Tangerang

3 Tahanan Kabur Dengan Menjebolkan Ventilasi

Diungkapkan Lukman, kejadian itu berawal saat anggota regu pengamanan (Rupam) I melakukan kontrol keliling (trolling) pada Blok C Strafsell I dimana petugas melihat lampu kamar padam. Menaruh rasa curiga, petugas langsung melakukan pengecekan lebih lanjut.

Saat dicek, petuhas melihat penghuni kamar Strafsel I sebanyak 3 (tiga) orang sudah tidak berada ditempat dan terlihat ventilasi kamar sudah dijebol. Melihat hal itu dengan gesit anggota Rupam Blok C langsung melaporkan keadaan kepada Kepala Regu Pengamananan (Karupam).

Mendapatkan laporan regu tersebut, Karupam langsung memerintahkan seluruh anggota untuk siaga dan sebagian bergegas menuju beranggang dalam Rutan.

Karupam beserta anggota mengamankan 1 orang WBP berinisial IP yang masih berada diatas tembok II. Selanjutnya, petugas juga menangkap 1 orang WBP inisial FH dilokasi yang berbeda yang masih di branggang dalam Rutan.

Pada waktu yang bersamaan Karupam memerintahkan petugas Pos Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) depan untuk menyisir area luar Rutan. Petugas pun berhasil mengamankan WBP berinisial UAH meski dengan upaya perlawanan.

Pukul 03.40 WIB keseluruhan dari 3 orang WBP percobaan pelarian tersebut berhasil diamankan dan dibawa ke ruang Kepala Kesatuan Pengaman Rutan (KPR) Rutan Kelas I Pekanbaru.

Kontributor: Zulfan Taufik

GRANPRIZE

Berita Populer