Connect with us

Kriminal

Pesta Ganja di Kampus USU Dipasok Wanita Asal Aceh

“Kita ingin memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang terindikasi ada di lingkungan USU,”

Diterbitkan

on

Pesta Ganja di Kampus USU Dipasok Wanita Asal Aceh (suara pakar)
DM pemasok ganja ke kampus USU yang ditangkap BNN Provinsi Sumut. (Foto: Ilham/Suara Pakar)

Suarapakar.com – BNN Provinsi Sumut ungkap pesta ganja di kampus USU Fakultas Ilmu Budaya dipasok seorang wanita asal Aceh. Pesta bubar setelah digrebek BNN dan amankan 31 orang.

Wanita tersebut berinisial DM. Petugas juga amankan dua tersangka lainnya, yang merupakan pria jaringan DM. Yakni, FAY dan JHS yang merupakan seorang alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU. Pengakuan DM, ia baru kali pertama menjalankan bisnis narkotika golongan I jenis ganja dan mengedarkannya di kampus USU.

“Baru sekali,” singkat saat dihadapkan keedia dalam konferensi pers di Kantor BNNP Sumut, Jalan Balai Pom, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Senin (11/10/2021).

DM sendiri mengaku nekat mengedarkan ganja di kampus USU setelah mendapat informasi dari temannya bahwa mengedarkan ganja di sana terbilang aman.

“Kata teman saya, di USU saja, di sana aman,” ujarnya.

Selain itu, DM juga mengaku nekat menjalankan bisnis barang haram itu lantaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mahasiswa Budi Dharma itu juga mengatakan dari keuntungan menjual ganja dipakai untuk membayar uang kuliah.

“Keuntungan perkilonya Rp1,5 juta,” sebutnya.

Pesta Ganja di Kampus USU, 31 Orang Ditangkap BNN (suara pakar)

Sejumlah orang yang diamankan BNN Provinsi Sumut di Kampus USU Fakultas Ilmu Budaya. (Foto: Ilham/Suara Pakar).

Baca juga: Pesta Ganja di Kampus USU, 31 Orang Ditangkap BNN

Pemasok Ganja ke Kampus USU Dijerat Penjara Seumur Hidup

Kepala BNNP Sumut Brigjend Pol Toga H Panjaitan mengatakan ketiga tersangka DM, JHS dan FAY dinyatakan sebagai pengedar.

“Ketiganya dikenakan Pasal 114 ayat (1), Pasal 114 ayat (1), pasal 111 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Tindak Pidana Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Edy Ikhsan membenarkan koordinasi dan kerja sama itu kepada BNNP Sumut. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya persiapan USU dalam menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

“Kita sedang mempersiapkan pembelajaran tatap muka, yang akan digelar paling cepat semester selanjutnya. Salah satunya kita ingin memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang terindikasi ada di lingkungan USU,” katanya.

Reporter: Ilham

KELASTRADING

Berita Populer