Connect with us

Kriminal

Pesta Ganja di Kampus USU, 31 Orang Ditangkap BNN

“30 mahasiswa ini korban penyalahguna, mereka pemakai, mungkin nanti kita lakukan asesmen medis, kita obati,”

Diterbitkan

on

Pesta Ganja di Kampus USU, 31 Orang Ditangkap BNN (suara pakar)
Sejumlah orang yang diamankan BNN Sumut pesta ganja di Kampus USU Fakultas ILmu Budaya. (Foto: Ilham/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Sebanyak 31 orang diamankan petugas BNN Provinsi Sumut saat sedang asyik pesta ganja di kampus Universitas Sumatera Utara (USU) Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Petugas amankan 508,6 gram ganja.

Dari 31 orang tersebut diantaranya, 20 orang mahasiswa USU yang terdiri dari 14 orang mahasiswa aktif dan 6 orang berstatus sebagai alumni. Kemudian 11 orang sisanya merupakan masyarakat biasa.

“Dari 47 orang yang terjaring razia pada malam itu, 31 orang dinyatakan positif menggunakan saat dilakukan tes urine, sedangkan 16 orang lainnya dinyatakan negatif,” ungkap Kepala BNNP Sumut Brigjend Pol Toga H Panjaitan dalam konferensi pers di Kantor BNNP Sumut, Jalan Balai Pom, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Senin (11/10/2021).

Toga menerangkan dari 31 orang yang diamankan 1 diantaranya merupakan seorang pengedar berinisial JHS. Tersangka merupakan seorang alumni FIB. Dari barang bukti ganja yang diamankan seberat 508,6 gram, 265 gram diantaranya milik JHS.

Saat ditemukan, lanjut terang Toga, sebagian ganja itu sudah dibungkus plastik kecil dengan berat per paketnya 1,8 gram. Dari penggerebekan itu pihaknya turut mengamankan barang bukti narkotika golongan I jenis ganja seberat 508,6 gram.

Dari barang bukti yang di sita, 256 gram ganja diantaranya merupakan milik seorang tersangka JHS. Ganja itu, lanjut kata Toga, siap pakai dan siap edar yang sebagian telah dibungkus plastik klip dengan berat per paketnya 1,8 gram.

“30 mahasiswa ini korban penyalahguna, mereka pemakai, mungkin nanti kita lakukan asesmen medis, kita obati. Mereka akan kita berikan kesempatan untuk pulih, mudah-mudahan mereka bisa sembuh,” jelas Toga.

Kepala BNNP Sumut Brigjend Pol Toga H Panjaitan menunjukkan barang bukti hasil pengrebekan di Kampus USU Fakultas Ilmu Budaya. (Foto: Ilham/Suara Pakar)

Baca juga: 87 Kg Sabu-Sabu Gagal Beredar di Riau, 7 Tersangka Ditangkap

Ganja Jaringan Aceh, USU Tegaskan Pecat Mahasiswa yang Terlibat

Toga mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka JHS mengaku mendapat ganja tersebut dari seorang wanita asal Aceh. Dari hasil pemeriksaan itu, pihaknya yang melakukan pengembangan kembali mengamankan 2 orang tersangka berinsial DM dan FAY. Keduanya diamankan di Jalan Cemara, Kelurahan Jati, Kecamatan Medan Kota.

“Ketiganya dinyatakan pengedar. Sementara untuk pemiliknya, kita masih melakukan lidik lagi ke Aceh, mereka masuk jaringan narkoba,” ujarnya.

Toga juga mengatakan ketiganya bakal dipersangkakan melanggar Pasal 114 ayat (1), Pasal 111 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Tindak Pidana Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun.

Sementara itu, Wakil Rektor I USU Bidang Akedemik dan Kemahasiswaan Edy Ikhsan memastikan sanksi bagi mahasiswa USU yang terjaring saat penggerebekan. Apabila nantinya mahasiswa itu dijatuhui lebih dari 2 tahun penjara, maka pihaknya akan memecat mahasiswa tersebut.

“Kami akan tegas terhadap sanksi yang akan diberikan. Minimal 2 tahun penjara, maka sanksinya akan dipecat dan dikeluarkan dari kampus,” tukasnya.

Reporter: Ilham

KELASTRADING

Berita Populer