Connect with us

Peristiwa

Pesawat Rimbun Air Jatuh di Markas KKB Papua, 3 Kru Diduga Tewas

Lokasi jatuhnya pesawat carter tersebut merupakan markas teroris KKB pimpinan Zakius.

Diterbitkan

on

Pesawat Rimbun Air Jatuh di Markas KKB Papua, 3 Kru Diduga Tewas (suara pakar)
Puing-puing pesawat Rimbun Air. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Pesawat Rimbun Air PK 300 milik PT Intan Angkasa yang sedang mengangkut bahan bangunan dan bahan makanan untuk pasukan Yonif 521/BY di Intan Jaya dilaporkan jatuh dan terbakar di sekitar Sugapa, Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9/2021) pagi.

Sebelumnya, diketahui ini pesawat ini terbang dari Nabire sekitar pukul 06.40 kemudian hilang kontak sejam kemudian. Pesawat tersebut telah berhasil ditemukan dengan kondisi hancur dan terbakar.

Kapolres Intan Jaya, AKBP Sandi Sultan, mengatakan pesawat Rimbun Air PK OTW yang sempat hilang kontak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya itu telah ditemukan.

“Sudah ditemukan di ketinggian 2.400 meter, jaraknya 5-6 km dari Bandara Bilogai ke arah Distrik Homeyo,” kata Sandi, melansir Kompas.com, pada Rabu (15/9/2021).

Sandi mengatakan, berdasarkan pengamatan dari helikopter, kondisi pesawat sudah dalam keadaan hancur. Karena ia memperkirakan tiga orang kru yang ikut dalam penerbangan tersebut kecil kemungkinan selamat.

“Kondisi pesawatnya hancur, kecil kemungkinan selamat, bagian kepalanya pesawatnya yang paling hancur,” kata dia.

Proses evakuasi korban, sebut Sandi, akan dilakukan melalui jalan darat. Untuk mengantisipasi adanya gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut, aparat keamanan akan didampingi oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

“Memang rawan (KKB) tapi Insya Allah tidak diganggulah. Evakuasi akan melibatkan masyarakat, TNI-Polri, wakil bupati juga sudah ada di sini,” tandas Sandi.

Diketahui, pesawat Rimbun Air PK OTW yang dipiloti Mirza dan Fajar sebagai kopilot hanya membawa Iswahyudi selaku teknisi.

Baca juga: KKB Kembali Bakar Sekolah-Puskesmas di Pegunungan Bintan Papua

Pesawat Jatuh di Markas KKB

Pesawat Rimbun Air. (Sumber: Istimewa)

Sementara itu Wadanyon Yonif Mekanis 521/DY dari Pos Intan Jaya Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis 521/DY Mayor Inf Edi Dipramono mengatakan, koordinat jatuhnya pesawat Rimbun Air ditemukan oleh helikopter carteran Satgas Elang.

Namun dia mengatakan, lokasi jatuhnya pesawat carter tersebut merupakan markas teroris KKB pimpinan Zakius.

“Sesuai perintah Kapolres Intan Jaya yang gerak ke TKP masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan satgas intrl. Karena kelompok OPM pimpinan Zakius yang menguasai lokasi tersebut,” tandasnya.

Berita Populer