Connect with us

Nasional

Perusahaan China Akan Bangun Pabrik Vaksin Covid-19 di Indonesia

Vaksin jenis mRNA adalah satu satu jenis vaksin yang dikembangkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Diterbitkan

on

China Akan Bangun Pabrik Vaksin Covid-19 di Indonesia (suara pakar)
Ilustrasi vaksin Pfizer-BioNTech dan vaksin Moderna yang berbasis messenger RNA (mRNA). (Sumber: Shutterstock)

Suarapakar.com – Perusahaan asal China akan membangun pabrik vaksin Covid-19 di Indonesia. Bekerjasama dengan periusahaan lokal, China akan produksi dan distribusi vaksin di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah akan serius dan mendorong hal tersebut untuk segera terwujud.

“Industri vaksin kami dorong di Indonesia. Ada satu produksi kerja sama dengan perusahaan Indonesia dan China,” ungkap Luhut dalam Rakerkornas Apindo ke-31, Selasa (24/8/2021).

Lebih lanjut, Luhut tak menjelaskan lebih detail mengenai identitas perusahaan atau produsen vaksin asal China tersebut. Namun yang pasti, mereka akan memproduksi vaksin jenis mRNA tersebut mulai April 2022 mendatang. https://suarapakar.com/category/nasional/

Diketahui, vaksin jenis mRNA adalah satu satu jenis vaksin yang dikembangkan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Ada satu produksi nanti April (2022),” imbuh Luhut.

Baca juga: Pemerintah Lanjutkan PPKM Luar Jawa-Bali hingga 6 September 2021

Vaksin Merah Putih Diproduksi Juni 2022

Selain itu, Luhut pun menyebut bahwa vaksin merah putih akan diproduksi antara Mei atau Juni tahun depan.

Ia memproyeksi pandemi Covid-19 masih terus merebak hingga dua tahun mendatang. Proyeksi ini didapat berdasarkan pendapat dari seumlah ilmuwan.

“Hampir pasti dua tahun lagi belum selesai ini Covid-19. Ada kesimpulan dari Amerika Serikat (AS), mereka belum lihat ini akan selesai,” kata Luhut.

Untuk itu, pemerintah sedang menyiapkan langkah-langkah bagaimana hidup berdampingan dengan covid-19. Salah satu yang penting adalah tetap menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

KELASTRADING

Berita Populer