Connect with us

Al Islam

Pernahkah Kamu Doakan Suamimu? Doakanlah, Ini Doanya

Doa seorang istri yang sholihah akan membawa pengaruh besar untuk menentramkan jiwa seorang suami dalam mencari nafkah yang diberkahi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Diterbitkan

on

Kamu Doakan Suamimu
Kamu doakan suamimu! Firman Allah: "... Aku akan mengabulkan doa orang yang memohon, apabila ia berdoa,..." (Foto: Suara Pakar).

Suarapakar.com – Dalam ajaran Islam, seorang istri wajib taat kepada suaminya setelah ketaatannya kepada Allah dan Rasul-Nya. Kamu doakan suamimu saat ia jauh darimu dalam mencari nafkah.

Sebagaimana telah terdapat pernyataan dalam sebuah hadits, Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya doa yang segera dikabulkan adalah doa seorang istri kepada suaminya yang tidak berada di tempat yang sama atau saling berjauhan.” (Hadits Riwayat Tirmidzi).

Pentingnya ketaatan seorang istri kepada suaminya sampai-sampai Rasulullah menyatakan dalam sabdanya,

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ ِلأَحَدٍ َلأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

“Seandainya aku boleh menyuruh seseorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang perempuan sujud kepada suaminya.” (Hadits Riwayat At Tirmidzi No. 1159), menurut At Turmidzi kedudukan hadits ini Hasan Shahih.

Baca juga: Jangan Marahi Suami, Ini Beban Suami dalam Ajaran Islam

Penikahan adalah Bentuk Kesempurnaan Separuh Agama

Penikahan itu sejatinya adalah doa bagi laki-laki dan perempuan yang bersatu untuk menjalankan ketaatannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga sempurnalah separuh dari agamanya.

Hadits dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا تَزَوَّجَ العَبْدُ فَقَدْ كَمَّلَ نَصْفَ الدِّيْنِ ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ البَاقِي

“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (Hadits Riwayat Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman). Hadits ini dishahihkan oleh Syekh Al Albani dalam kitab As Silsilah Ash Shahihah, No. 625.

Ini Doa Istri untuk Suaminya

Secara khusus memang tidak terdapat doa istri untuk suami. Namun para istri bisa membacakan ayat 286 dari Surat ke-2 Al Baqarah, dengan diawali ucapan,

“Ya Allah aku panjatkan doa ini untuk kami dan suamiku, semoga engkau mengabulkannya,”

Kemudian baca ayat ini sebagai doa,

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

RABBANAA LAA TU-AAKHIDZNAA INNASIINAA AU AKHTO-NAA, RABBANAA WA LAA TAHMIL ‘ALAINAA ISHRAANGKAMAA HAMALTAHU ‘ALAA-LLADZIINA MINGQOBLINAA, RABBANAA WA LAA TUHAMMILNAA MAA LAA THOOQOTA LANAA BIHI, WAA’FU ‘ANNAA WAAGHFIRLANAA WAARHAMNAA ANTA MAULAANAA FAANSHURNAA ‘ALAA-LQAUMI-LKAAFIRIIN

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Surat ke-2 Al Baqarah, ayat 286).

Wallahu a’lam,

Berita Populer