Connect with us

Nasional

Peringatan Dini BMKG, 27 Wilayah Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

“Kondisi tersebut menyebabkan adanya pembentukan daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat daya hingga barat Banten dan dari Laut Jawa hingga Selat Karimata,” tulis BMKG.

Diterbitkan

on

27 Wilayah Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem
Foto ilustrasi cuaca ekstrem, (Sumber: Tempo)

Suarapakar.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia, Rabu (30/6/2021).

Melansir dari laman resminya, BMKG memprediksi 27 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Sirkulasi siklonik terpantau di daerah Samudra Hindia barat Banten dan Kalimantan bagian barat.

“Kondisi tersebut menyebabkan adanya pembentukan daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat daya hingga barat Banten dan dari Laut Jawa hingga Selat Karimata,” tulis BMKG.

Selain itu, konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Barat hingga perairan timur Riau. Mulai dari perairan barat Sumatera Barat hingga Bengkulu.

Dari Laut Banda hingga Laut Seram bagian barat, di Laut Arafuru timur Kepulauan Aru, dari Papua Barat hingga Laut Halmahera, dan di Papua juga terpantau daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin yang memanjang.

Baca Juga: Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa-NTB

Kondisi ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara. Lalu, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Utara Sabang Capai 4 Meter

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia untuk hari ini hingga besok, Kamis (1/7/2021).

Dimana, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-15 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Perairan selatan Jawa hingga NTT, Laut Banda, dan Laut Arafuru,” tulis BMKG.

Pages: 1 2

GRANPRIZE

Berita Populer