Connect with us

Nasional

Percepatan Pembangunan, Plt Wali Kota Tanjung Balai Minta Perhatian Pemprovsu

“Harapan kami disana bisa dibangun pelabuhan internasional sehingga pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang ekspor impor ikan itu bisa berada di Kota Tanjungbalai dan tidak lagi ada di Belawan,”

Diterbitkan

on

Plt Wali Kota Tanjung Balai (suara pakar)
Plt Walikota Tanjungbalai, Waris Thalib. (Sumber: Istimewa/Alfiansyah)

Suarapakar.com – Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) menggelar rapat audiensi bersama plt Walikota Tanjungbalai di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Kamis (8/7/2021).

Dalam rapat audiensi tersebut, Plt Walikota Tanjungbalai, Waris Thalib menyampaikan tentang percepatan pembangunan di Kota Tanjungbalai. Ia pun berharap adanya perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu).

“Kami menyampaikan tentang percepatan pembangunan di Kota Tanjungbalai. Kondisi Tanjungbalai yang kami ceritakan dengan Bapak Gubernur. Harapan kami perhatian khusus oleh Pemerintah Provinsi Sumut kepada Kota Tanjungbalai,” ungkap Waris.

Ia menjelaskan, saat ini Kota Tanjungbalai sedang membangun jalan lingkar utara yang masih terhalang lebih kurang 800 meter.

“Itu posisinya berada di Kabupaten Asahan. Maka kami berharap pembebasan lahan itu bisa difasilitasi oleh Pemprov Sumut,” katanya.

Waris mengungkapkan, saat ini Kota Tanjungbalai sedang dilanda banjir rob. Bencana itu diakibatkan oleh dismentasi pasir yang pendangkalan Sungai Silau dan Sungai Asahan.

“Itu harus diadakan pengerukan sungai, dengan kondisi anggaran pemko tanjungbalai yang belum memadai untuk itu. Kami meminta Pemprov Sumut untuk memberikan bantuan untuk pengerukan ini, paling tidak memfasilitasi jika memungkinkan kepada pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca juga: Ingin Curhat, Kalangan Penyapu Jalan Kunjungi Rahudman Harahap

Plt Wali Kota Tanjung Balai Minta Dibangunkan Pelabuhan Internasional

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa kota Tanjungbalai itu tidak memiliki laut. Hanya memiliki Sungai Asahan dan Sungai Silau.

“Maka dari geografis dari wilayah Tanjungbalai yang tidak memiliki laut ini kami berharap provinsi juga bisa memfasilitasi,” katanya.

“Dengan memasukkan dua wilayah di Kabupaten Asahan yaitu Kecamatan Tanjungbalai yang berada di Bagan Asahan. Kemudian Kecamatan Sungai Bayang Kiri masuk ke wilayah Tanjungbalai,” lanjutnya.

Kedepannya, Waris pun berharap, Kota Tanjungbalai dapat dibangunkan pelabuhan internasional. Dimana hal tersebut dapat membantu perekonomian masyarakat nantinya.

“Harapan kami disana bisa dibangun pelabuhan internasional sehingga pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang ekspor impor ikan itu bisa berada di Kota Tanjungbalai dan tidak lagi ada di Belawan,” pungkas Waris.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer