Connect with us

Nasional

Penyekatan Akses Masuk ke Kota Medan Sebabkan Kemacetan hingga Binjai

“Akibat akses penutupan jalan tadi, pasti macet, iya sampai ke Binjai. karena merupakan pintu gerbang masuk ke Kota Medan jadi terjadi kepadatan hingga lebih 5 kilometer,” ucap Lubis.

Diterbitkan

on

Penyekatan Akses Masuk ke Kota Medan (suara pakar)
Antrian panjang kenderaan di Pos Penyekatan Jalan Gatot Subroto Kampung Lalang, Kamis (15/7/2021). (Sumber: Istimewa/Alfiansyah)

Suarapakar.com – Kemacetan panjang terjadi di Pos Penyekatan PPKM Darurat Jalan Jenderal Gatot Subroto Kampung Lalang hingga Kota Binjai, Kamis (15/7/2021). Penumpukan kenderaan tersebut didominasi para pekerja.

Kanit Lantas Polsek Sunggal, Iptu AG Lubis yang menjadi penanggung jawab pos Kampung Lalang menyebutkan, sebelumnya petugas telah melakukan sosialisasi PPKM Darurat Kota Medan selama 3 hari kepada para warga yang melintas dan akhirnya melakukan penindakan.

“Pelaksanaan PPKM Darurat Kota Medan, setelah kita laksanakan sosialisasi 3 hari membagikan brosur, hari ini mulai pukul 08.00 tadi kita melaksanakan penyekatan, dimana kita laksanakan buka tutup,” ungkapnya, Kamis (15/7/2021).

Ia menjelaskan bahwa para pengendara yang bisa diperbolehkan lewat adalah yang bekerja di sektor seensial dan Kritikal serta dapat menunjukkan kartu vaksin.

“Dimana bagi instansi pemerintahan, perekonomian, yang esensial maupun kritikal kita berikan dispensasi masuk kota Medan dan kepada masyarakat yang telah divaksin pertama dan kedua dengan menunjukkan kartu vaksin mereka bisa masuk kota Medan,” katanya.

Lebih lanjut, Lubis menuturkan akibat adanya pemeriksaan tersebut, menyebabkan kemacetan hingga nyaris sampai ke Kota Binjai. Hal ini disebabkan terjadinya pembludakan pengendara yang lewat.

“Akibat akses penutupan jalan tadi, pasti macet, iya sampai ke Binjai. karena merupakan pintu gerbang masuk ke Kota Medan jadi terjadi kepadatan hingga lebih 5 kilometer,” ucap Lubis.

Dia mengatakan ada ratusan pengendara yang dipulangkan karena tidak memiliki syarat untuk lewat.

“Ratusan sepeda motor, mobil, bus yang tidak memiliki kepentingan esensial dan kritikal dan kartu vaksin kita putar balik,” ujarnya.

Tim gabungan mengatur arus lalu lintas di Pos Penyekatan PPKM Darurat Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kampung Lalang, Kamis (15/7/2021). (Sumber: Istimewa)

Baca juga: Penambahan 16 Pos Penyekatan PPKM Darurat Sebabkan Kemacetan

Urai Kemacetan, Polisi Lakukan Buka Tutup Jalan

Untuk mengurai kemacetan, ia memerintahkan petugas untuk membuka akses mulai pukul 10.30 WIB.

“Karena akses kemacetan yang cukup panjang, baik menuju ke arah Binjai maupun Kota Medan kita laksanakan buka tutup untuk sementara,” katanya.

Salah seorang pengendara, Rudi mengatakan dirinya memilih pulang cepat dari Binjai ke Kota Medan untuk menghindari pemeriksaan. Namun, karena adanya penyekatan, ia malah terjebak kemacetan.

“Saya pulang cepat, karena bakal tahu ada penyekatan. Tapi sangat macet ini mau gimana lagi, sudah dari pagi sampai sekarang kena macet,” katanya.

Dari pengamatan tim Suara Pakar di lokasi penyekatan, terlihat para pengendara mulai dari truk, bus, mobil hingga sepeda motor membludak sejak pagi dan sampai saat ini. Tampak para petugas menanyakan para pengendara satu persatu yang akan masuk ke dalam Kota Medan, yang mengakibatkan kemacetan panjang.

Banyak juga dari para pengemudi tersebut yang dipulangkan/diputarbalikkan oleh para petugas tersebut. Sempat terjadi perdebatan antara pengendara ojek online dengan petugas jaga karena tak diberikan masuk.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer