Connect with us

Teknologi

Penemu Kaset dan CD, Lou Ottens Meninggal Dunia di Belanda

Ottens dikaruniai otak yang cukup canggih dan masa penjajahan Jerman, ia sudah bergelut didunia suara (sound system).

Diterbitkan

on

Lou Ottens Meninggal Dunia (suara pakar)
Lou Ottens berfoto dengan hasil temuannya, kaset yang banyak berjasa bagi orang-orang dunia. (Sumber: AFP)

Suarapakar.com – Insinyur asal Belanda Louis Ottens dikabarkan meninggal dunia pada 6 Maret 2021. Namun, kabar duka ini baru diumumkan pihak keluarga dalam beberapa hari terakhir.

Melansir laporan dari media NRC Handelsblad, Ottens wafat pada masa akhir usia 94 tahun, di Duizel, Belanda. Penyebab meninggalnya hingga kini belum diketahui.

Lou Ottens terkenal dengan maha karyanya sebagai pencipta kaset analog atau tape recorder dan pengembangan compack disk (CD). Sejak tahun 1960, ia dipercaya mengepalai perusahaan teknologi dan elektronik Philips, di Belanda.

Ia juga tercatat sebagai insinyur hebat di perusahaan raksasa tersebut, dan membawanya ke kancah industri elektronik terbaik.

Media Engadget menyebut Ottens adalah orang yang pertama kali membuat prototipe kaset pita berbahan kayu. Prototype yang ia ciptakan bisa dibawa kemana pun dan disimpan dalam saku celana. Kemudian dikolaborasikan dan membuat yakin perusahaan Philips untuk mendaftarkan dan mendapat lisensi.

Temuan inipun menjadi rujukan standar pembuatan kaset di seluruh dunia. Oleh Ottens, kaset pita mulai diperkenalkan ke orang-orang pada 1963, pada suatu pameran elektronik.

Temuan tersebut membuat jasa besar bagi orang-orang di indutri musik maupun hiburan. Warga dunia dapat mendengarkan musik dari artis idola dalam satu album tanpa ada sela iklan dan obrolan seperti di radio atau televisi pada masa itu.

Karya Ottens semakin dikenal. Philips dan Sony kemudian membuat suatu pengembangan bersama Ottens, karena baginya, akan ada suatu temuan yang baru dalam suatu karya yang tidak abadi.

Baca juga: Karya Anak Bangsa, Aplikasi Tanda Tangan Digital PrivyID Dapat Sertifikat Tertinggi Kominfo

Lou Ottens Memiliki Otak Canggih

Lou Ottens lahir di Bellingwolde pada tahun 1926, namun ia tumbuh dewasa di kawasan Hilversum.

Pada masa penjajahan Jerman, Ottens sudah bergelut didunia suara (sound system). Ia dikaruniai otak yang cukup canggih dan membuat semua orang-orang kagum padanya.

Ia juga pernah membuat siaran radio dengan antena ala kadarnya untuk menghindari pengacakan sinyal yang digunakan oleh Nazi Jerman.

Melansir CNN, Ottens pensiun dari Phillips pada 1986 dan kemudian membuat buku tentang tips inovasi bersama rekan-rekannya. Kepada NRC, dia selalu mengatakan bahwa kaset dan CD bukan dibuat olehnya, tapi kerja sama tim yang hebat.

Berita Populer