Connect with us

Internasional

Pendiri McAfee Antivirus Tewas Bunuh Diri di Penjara

Pengacara McAfee mengkonfirmasi kematiannya dan mengatakan bahwa kejadian ini adalah bukti kekejaman yang tidak memiliki alasan.

Diterbitkan

on

Pendiri McAfee Antivirus Tewas Bunuh Diri di Penjara (suara pakar)
John McAfee. (Foto: OPELIKA-AUBURN NEWS/TODD J VAN EMST via AP)

Suarapakar.com – Pendiri McAfee Antivirus, John McAfee, ditemukan tewas di penjara. Departemen kehakiman Catalan di Spanyol menyatakan bahwa kematiannya kemungkinan disebabkan karena bunuh diri.

Pengacara McAfee mengkonfirmasi kematiannya dan mengatakan bahwa kejadian dugaan bunuh diri ini adalah bukti kekejaman yang tidak memiliki alasan karena menahannya di penjara dalam waktu lama.

Joh McAfee ditahan di penjara sambil menunggu ekstradisi ke Amerika Serikat (AS) sejak penangkapannya pada Oktober 2020. Ia menghadapi tuduhan penggelapan pajak dan didakwa dengan penipuan sekuritas terkait dengan dugaan skema pompa dan pembuangan cryptocurrency (uang digital).

Pengadilan Spanyol telah menyetujui ekstradisinya pagi ini dengan kesempatan untuk naik banding, melansir laman The Verge, Kamis (24/6/2021). Kisah McAfee selama dekade terakhir ini telah menjadi sorotan.

Ia pernah merilis video tengah memakai narkoba sedang mencopot pemasangan McAfee Antivirus, mengklaim telah membuat perangkat yang memblokir pengawasan NSA, dan mencalonkan diri sebagai sebagai presiden sebanyak dua kali, yaitu pada 2016 dan 2020.

McAfee juga seorang promotor cryptocurrency terkenal, yang pernah mengklaim biaya hingga US$105 ribu untuk setiap tweet promosi. Lalu, pada 2014 saat Intel mengganti nama perangkat lunak antivirus yang memakai naam McAfee mengubahnya menjadi Intel Security.

Baca juga: Demi Lindungi Anaknya, Ayah Baku Tembak Dengan Perampok

McAfee Kerap Memiliki Pertikaian Dengan Penegak Hukum

Sebagai tanggapan, John McAfee mengatakan bahwa dia bersyukur perangkat lunak terburuk di planet ini tidak lagi dikaitkan dengan namanya. McAfee kemudian malah menggugat Intel setelah memperingatkannya bahwa menamai perusahaan keamanan siber baru dengan namanya sendiri merupakan pelanggaran merek dagang.

Ia menyetujui penyelesaian dengan Intel, dengan mengatakan bahwa dirinya tidak akan menggunakan namanya sehubungan dengan produk atau layanan keamanan siber apa pun yang dikerjakan. McAfee juga memiliki sejarah pertikaian dengan penegak hukum.

Dirinya, keluarga, dan anggota pasukan keamanannya ditangkap oleh polisi Belize pada 2012 dengan tuduhan narkoba dan senjata api. Ia pun melarikan diri pada akhir 2012 setelah polisi Belize menyatakan bahwa dia dicari untuk diinterogasi sehubungan dengan pembunuhan tetangganya.

GRANPRIZE

Berita Populer