Connect with us

Nasional

Pemprov Sumut Batal Gelar Pembelajaran Tatap Muka

“Untuk wilayah Sumut seluruhnya kabupaten dan kota sepakat kita untuk ditunda dari jadwal yang sudah ditentukan dari pemerintah pusat tanggal 12 juli 2021,”

Diterbitkan

on

Pemprov Sumut Batal Gelar Pembelajaran Tatap Muka (suara pakar)
Suasana rapat di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan. (Foto: Alfiansyah/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menunda sekolah tatap muka hingga bulan Agustus 2021 mendatang.

Keputusan ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah dalam rapat yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan. Ia pun menjelaskan bahwa penundaan sekolah tatap muka ini adalah hasil kesepakatan dari seluruh Kabupaten dan Kota di Sumut.

“Hari ini memang kita rapat untuk keputusan tentang pembelajaran tatap muka dan sudah diputuskan bersama,” ungkap Musa, Rabu (30/6/2021).

“Untuk wilayah Sumut seluruhnya kabupaten dan kota sepakat kita untuk ditunda dari jadwal yang sudah ditentukan dari pemerintah pusat tanggal 12 juli 2021,” kata pria yang akrab disapa Ijeck itu.

Ia menyebutkan, penundaan sekolah tatap muka ini bukan berarti pembelajaran berhenti. Tetapi pembelajaran akan diadakan secara online. Penundaan ini direncanakan sampai bulan Agustus 2021 mendatang.

“Pembelajaran tatap muka langsung yang kita tunda melihat perkembangan kesehatan dan wilayah-wilayah Sumut sampai dengan Agustus. Nanti akan diumumkan kembali, tapi pembelajaran baik penerimaan siswa-siswi baru, pembelajaran baru tetap dilaksanakan melalui media online dan zoom,” katanya.

Baca juga: Wali Kota Medan Optimis Pembelajaran Tatap Muka Digelar Juli Mendatang

Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Akan Saling Berkoordinasi

Ijeck menyampaikan, terkait penundaan belajar ini Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan harus bisa saling berkoordinasi mengingat semakin tingginya kasus Covid-19 di wilayah Sumut.

“Dinas Pendidikan tidak bisa berjalan sendiri karena kaitan ini kesehatan masyarakat, kita tahu bersama bagaimana situasi saat ini. Kita harapkan Dinas Kesehatan bisa sejalan, begitu juga Gugus Tugas sebagai mengawasi agar proses pembelajaran ini tidak menjadikan klaster-klaster baru nantinya,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah menyetujui adanya sekolah tatap muka. Setelah hampir kurang lebih satu setengah tahun ditiadakannya belajar tatap muka.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumut saat menggelar rapat kordinasi persiapan pembelajaran secara tatap muka di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Jumat (11/6/2021) lalu.

Dalam kesempatannya, Musa mengatakan keputusan sekolah tatap muka ini diambil bukan hanya keputusan dari pemerintah Sumut, melainkan telah menjadi keputusan pemerintah pusat.

Menurutnya, bila tidak segera dibuka, ia mengkhawatirkan masa depan pendidikan anak sekolah di Sumut akan terganggu jika hanya melakukan sekolah secara daring.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer