Connect with us

Nasional

Pemko Medan Targetkan Vaksinasi 1.000 Anak per Hari

“Jadi, karena vaksin yang kami terima juga masih sedikit, kami sarankan untuk orangtua anak bersabar dulu, lebih bagus tunggu jadwal dari sekolah,”

Diterbitkan

on

Pemko Medan Targetkan Vaksinasi 1.000 Anak (suara pakar)
Petugas memberikan vaksinasi Covid-19 kepada anak di Gedung PKK Kota Medan, Rabu (7/7/2021). (Foto: Jafar Wijaya)

Suarapakar.com – Pemerintah Kota (Pemko) Medan menargetkan 500 sampai 1.000 orang anak di Kota Medan disuntik vaksin Covid-19 setiap hari. Adapun kriteria anak yang akan mendapat suntik vaksin Covid-19 berkirasan rentang usia dari 12 tahun hingga 17 tahun.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan Syamsul Nasution pada acara peluncuran program vaksinasi Covid-19 untuk anak yang berlangsung di Gedung PKK Kota Medan, Rabu (7/7/2021).

“Sesuai dengan kemampuan kita, target kita 500 sampai 1.000 orang anak perhari,” ungkap Syamsul.

Syamsul menjelaskan vaksinasi Covid-19 untuk anak ini merupakan vaksinasi tahap 3 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dimana pada vaksinasi tahap ini akan menyasar masyarakat rentan termasuk anak dan masyarakat umum lainnya.

“Ini anak-anak termasuk yang rentan, kemarinkan belum masuk, di tahap 3 ini masuk,” ujarnya.

Baca juga: Instruksi Gubernur Sumut, PPKM Mikro Diperpanjang di 12 Wilayah

Syarat Vaksinasi Untuk Anak

Lebih lanjut Syamsul menerangkan, untuk mendapatkan vaksin para orangtua cukup membawa kartu identitas anak, kartu pelajar ataupun kartu keluarga yang bisa dilakukan dengan mendatangi rumah sakit, Puskesmas, sentra vaksinasi BUMN dan vaksinasi massal yang diselenggarakan TNI-Polri.

“Untuk persyaratannya bisa pilih salah satunya saja ya,” terangnya.

Kendati demikian, dikatakan Syamsul bahwa ketersedian stok vaksin Covid-19 untuk anak pada saat ini masih sangat terbatas. Dia pun meminta kepada para orangtua untuk menunggu jadwal dari sekolah.

“Petugas akan mendatangi tiap-tiap sekolah untuk menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada anak-anak. Jadi, karena vaksin yang kami terima juga masih sedikit, kami sarankan untuk orangtua anak bersabar dulu, lebih bagus tunggu jadwal dari sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemko Medan dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 untuk anak ini bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk melakukan pendampingan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memverifikasi data anak yang telah mendapat vaksin.

Reporter: Jafar Wijaya

GRANPRIZE

Berita Populer