Connect with us

Kriminal

Motif Pembunuhan Pria di Kualanamu: Ingin Memiliki AC dan Mesin Cuci

“Kedua tersangka ini berpura-pura membeli barang elektronik. Kemudian setelah penjaga menelpon kepada pemilik toko, pemilik toko mengizinkan untuk mengambil uang kerumahnya,”

Diterbitkan

on

pembunuhan pria di kualanamu (suara pakar)
Kedua pelaku saat dihadirkan saat konferensi pers di Polresta Deliserdang. (Sumber: Humas Polres Deliserdang)

Suarapakar.com – Motif pembunuhan pria di Kualanamu hanya karena ingin memiliki AC dan Mesin cuci. Tersangka Wan Suhelmi (38) dan Tri Witomo (30) nekat menghabisi nyawa Kalinus Zai alias Ama Willy (40). Mereka membuangnya di Jalan Lintas Bandar Kualanamu, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang.

Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi menjelaskan, kejadian pembunuhan sadis itu bermula ketika kedua pelaku berpura-pura membeli barang dan mendatangi toko yang di jaga oleh korban di Jalan Selambo Kecamatan Medan Amplas, pada Sabtu (26/6/2021) lalu.

“Motif dari pada kejadian ini adalah ingin menguasai barang milik korban dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Mereka berpura-pura membeli barang, selanjutnya membawa korban untuk mebgambil uang untuk pembelian barang tersebut,” kata Yemi dalam keteranga persenya, Senin (28/6/2021).

Ia menyebutkan, bahwa saat itu pelaku membeli satu unit AC seharga Rp 2,1 juta dan satu unit mesin cuci seharga Rp 1,45 juta.

“Kedua tersangka ini berpura-pura membeli barang elektronik. Kemudian setelah penjaga menelpon kepada pemilik toko, pemilik toko mengizinkan untuk mengambil uang kerumahnya. Korban pun pergi bersama pelaku menggunakan mobil,” katanya.

Yemi menjelaskan, dari tangan pelaku polisi menyita barang bukti berupa satu AC merk panasonik, satu mesin cuci merk panasonik, satu unit mobil avanza, kunci roda. Kemudian satu batang besi putih dan satu buah flashdisk yang berisikan rekaman CCTV.

Ia menambahkan, penangkapan terhadap kedua pelaku setalah pihaknya melakukan penyelidikan. Kemudian memeriksa rekaman CCTV yang berada di toko tempat korban bekerja.

Baca juga: Pria Dibuang di Kualanamu Dibunuh Didalam Mobil

Pembunuhan Pria di Kualanamu Diketahui Dari CCTV

Setelah itu polisi langsung meringkus kedua pelaku di kawasan Tapanuli tengah pada saat hendak melarikan diri ke Kota Padang.

“Kita melakukan upaya penyelidikan dan diketahui bahwa berdasarkan CCTV yang ada di toko. Kita bisa melihat dan mengetahui salah satu yang diduga salah seorang tersangka adalah Wan. Memang saat itu dia datang memasuki toko,” pungkasnya.

“Setelah melakukan penyelidikan, mendapatkan informasi bahwa para tersangka ini telah melarikan diri ke arah Simalungun. Kemudian lanjut ke arah tapanuli dan bahkan sampai ke Tapanuli Tengah dan akhirnya berhasil menangkap mereka di jalan raya Tapanuli Tengah menuju wilayah Padang,” tambah Yemi.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer