Connect with us

Kriminal

Pembunuh Pria di Kualanamu Positif Narkoba dan Residivis Curanmor

“Kita juga menemukan, ternyata para tersangka ini positif menggunakan narkoba, salah satu tersangka Tri merupakan residivis yang 2020 akhir kemarin keluar dari lapas dengan kasus curanmor.

Diterbitkan

on

Kedua pelaku saat berada dikursi roda setelah ditembak polisi. (Foto: Istimewa).

Suarapakar.com – Dua pembunuh Kalinus Zai alias Ama Willy (40), yang jasadnya dibuang di Jalan Lintas Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, positif menggunakan narkoba. Bahkan satu pelaku, merupakan residivis pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi mengatakan, terungkap bahwa pelaku Wan Suhelmi (38), warga Jalan Hasanuddin, Kelurahan Lubukpakam I-II, Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang, tercatat residivis.

“Tersangka Tri merupakan residivis yang 2020 akhir kemarin keluar dari lapas dengan kasus curanmor,” ungkap Yemi dalam paparannya di Mapolresta Deliserdang, Senin (28/6/2021).

Sedangkan satu lagi pelaku bernama Tri Witomo (30), warga Jalan Bakaranbatu, Desa Bakaranbatu, Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang. Ia dinyatakan positif menggunakan narkoba.

“Kita juga menemukan, ternyata para tersangka ini positif menggunakan narkoba. Tersangka Wan merupakan aktif menggunakan narkoba,” jelasn Yemi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa para pelaku pembunuhan ini telah sering melakukan pencurian di berbagai lokasi yang ada di Sumatera Utara. Hingga kasus terakhir yang menyebabkan Kalinus Zai alias Ama Willy (40) tewas di Jalan Arteri Kualanamu Desa Sena Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (26/6/2021).

“Mereka sering melakukan kegiatan yang sama di wilayah Segai 3 kali, di Tanjung Morawa juga pernah melakukan sekali,” tutur Yemi.

Polisi mengidentifikasi jasad Kalinus Zai alias Ama Willy (40) yang tewas dibunuh dan dibuang di Jalan Arteri Kualanamu Desa Sena Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (26/6/2021). (Sumber: Istimewa)

Baca juga: 2 Pelaku Pembunuhan Pria Tewas Dibuang di Kualanamu Ditangkap

Polisi Tangkap Pelaku Saat Kabur Menuju Sumbar

Kapolres juga menyebutkan, kedua pelaku terpaksa dilumpuhkan karena mencoba melawan petugas, saat hendak mencari barang bukti.

“Saat dilakukan pengembangan untuk mencari barang bukti yang dibuang oleh para tersangka. Para tersangka berusaha untuk melakukan perlawanan terhadap petugas yang akhirnya kepada para tersangka ini diberikan tembakan dibagian kaki,” kata Kapolres.

Ia menjelaskan, bahwa usia menghabisi korban, keduanya sempat ingin melarikan diri ke Sumatera Barat. Namun, saat tiba di kawasan Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, keduanya ditangkap pada, Minggu 27 Juni 2021 kemarin.

“Para tersangka ini telah melarikan diri ke arah Simalungun lanjut ke arah Tapanuli dan bahkan sampai ke Tapanuli Tengah. Dan akhirnya kita berhasil menangkap mereka di jalan raya Tapanuli tengah, menuju wilayah Padang,” katanya.

Kapolres menambahkan, atas perbuatannya pelaku keduanya terancam hukuman mati, atau penjara seumur hidup.

“Untuk para tersangka dikenakan pasal pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan korban meninggal dunia, pasal 365 ayat 4 jo pasal 338 kuhp dengan ancaman penjara 20 tahun atau penjara seumur hidup dan hukuman mati,” pungkasnya.

Reporter : Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer