Connect with us

Sepakbola

5 Pelatih Top Eropa Hasil Didikan Roberto Mancini, Nomor 2 Paling Sukses

Sejak mulai melatih di tahun 2001, Mancini telah berhasil menangani ratusan pemain sepak bola top.

Diterbitkan

on

5 Pelatih Top Eropa Hasil Didikan Roberto Mancini, Nomor 2 Paling Sukses (suara pakar)
Roberto Mancini saat bawa Italia juara EURO 2020. (Foto: @Robymanchio)

Suarapakar.com – Pamor Roberto Mancini sebagai pelatih kembali menuai prestasi menakjubkan. Hal ini setelah keberhasilannya membawa Timnas Itali menjadi juara EURO 2020.

Sejak mulai melatih di tahun 2001, Mancini telah berhasil menangani ratusan pemain sepak bola top. Bahkan saat ini beberapa di antaranya telah mengikuti jejak mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City tersebut sebagai pelatih. Dan beberapa di antaranya memiliki reputasi yang sangat bagus.

Lantas siapa sajakah pelatih top dunia yang pernah dilatih Roberto Mancini saat masih menjadi pemain?. Melansir IDNTimes, berikut daftar 5 pelatih top hasil didikan Roberto Mancini.

1. Sinisa Mihajlovic

Pelatih Bologna, Sinisa Mihajlovic. Foto: RTV)

Saat aktif sebagai pemain, Sinisa Mihajlovic dikenal sebagai seorang bek yang hebat dan jago mencetak gol dalam situasi bola mati. Sinisa Mihajlovic juga merupakan rekan setim dari Roberto Mancini saat membela Sampdoria dan Lazio.

Saat Mancini memutuskan untuk pensiun dan menjadi pelatih di tahun 2001, Mihajlovic juga selalu mengikuti Mancini. Tercatat, dua kali Mihajlovic diasuh Roberto Mancini di dua tim yang berbeda, yakni di Lazio pada tahun 2002 hingga 2004 dan di Inter Milan pada tahun 2004 hingga pensiun di 2006.

Setelah pensiun, Mihajlovic menjadi asisten pelatih Mancini di Inter Milan selama 2 tahun, sebelum ia memulai karier kepelatihannya sebagai pelatih kepala di tahun 2008 bersama Bologna.

Baca juga: Bersaing Dengan Manchester City, Chelsea Incar Harry Kane

2. Diego Simeone

Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone. (Foto: UEFA)

Diego Simeone paling pantas disebut pelatih top saat ini. Sejak menjadi pelatih Atletico Madrid, Simeone telah banyak menorehkan gelar bagi Los Rojibancos, termasuk 2 gelar juara EUROPA League, 2 gelar juara La Laliga dan gelar juara Copa Del Rey. Bahkan di tahun 2016, Diego Simeone dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia.

Di tahun 2002 hingga 2003, Simeone juga pernah dilatih Mancini yang juga mantan rekan setimnya di Lazio. Saat itu, Diego Simeone sebagai pemain Lazio berhasil memainkan 35 laga dan mencetak 7 gol saat menjadi anak asuh Mancini.

3. Simone Inzaghi

Pelatih Inter Milan Simone Inzaghi. (Foto: (AP Photo / Gregorio Borgia)

Inzaghi pernah menjadi rekan setim Mancini kala masih berseragam Lazio di antara tahun 1999 hingga 2000. Setelah menjadi rekan tim, Mancini kemudian menjadi pelatih Inzaghi di antara tahun 2002 hingga 2005 untuk Lazio.

Di bawah asuhan Mancini, Inzaghi memainkan 62 laga. Dan kini Inzaghi juga dianggap sebagai pelatih hebat. Keberhasilannya membawa Lazio berprestasi, adalah alasan kenapa Inzaghi cocok disebut pelatih hebat.

Namun untuk musim depan, Simone Inzaghi akan menangani Inter Milan untuk menjadi suksesor dari Antonio Conte yang memutuskan untuk mengundurkan diri.

4. Dejan Stankovic

Pelatih Red Star Belgrade Dejan Stankovic. (Foto: /B92)

Dejan Stankovic merupakan pemain yang paling sering dimainkan oleh Roberto Mancini selama ia melatih tim sepak bola. Stankovic memainkan 226 laga di bawah asuhan Roberto Mancini yang juga pernah menjadi rekan setimnya di Lazio.

Saat ini Stankovic diketahui telah mengikuti jejak Mancini menjadi pelatih sepak biola. Sejak tahun 2019, mantan pemain Inter Milan dan Lazio ini telah dipercaya menjadi pelatih Red Star Belgrade dan telah mempersembahkan 2 gelar juara Liga Serbia serta 1 gelar juara Serbia Cup di tahun 2021.

5. Patrick Vieira

Pelatih Crystal Palace Patrick Vieira (Foto: istimewa)

Nama yang terakhir adalah Patrick Viera. Patrick Vieira baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru Crystal Palace. Sebelum melatih Crystal Palace, Vieira juga pernah menjadi pelatih New York City FC, OGC Nice dan pelatih akademi Manchester City.

Walaupun belum ada menghasilkan gelar, namun Vieira dianggap sebagai pelatih muda yang potensial. Karena saat aktif bermain, Vieira sempat dilatih oleh beberapa pelatih top termasuk Mancini.

Viera merupakan mantan pemain andalan Mancini saat melatih Inter Milan. Bahkan, saat Mancini memutuskan untuk menjadi pelatih Manchester City, Patrick Vieira menjadi salah satu pemain yang diboyongnya untuk main di City.

GRANPRIZE

Berita Populer