Connect with us

Nasional

Pelanggar Akan Diberi Sanksi, Kapolda Sumut Minta Warga Patuhi PPKM Mikro

“Selama perpanjangan PPKM Mikro baik yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, perkantoran atau kegiatan yang dapat melanggar protokol kesehatan, berikan sanksi tegas bagi para pelaku usaha yang melanggar,”

Diterbitkan

on

Kapolda Sumut Minta Warga Patuhi PPKM Mikro (suara pakar)
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. (Foto: Humas Polda Sumut)

Suarapakar.com – Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak meminta seluruh lapisan masyarakat, pelaku usaha, instansi dan seluruh masyarakat Sumut mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang diberlakukan pada 5 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021.

Menurut Panca, keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi.

“Keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi. Kita harus bersama-sama menjaganya,” ucapnya dalam rapat kerja bersama Pejabat Utama Polda Sumut dan jajaran Kapolres pada Kamis (9/7/2021).

“Oleh karenanya ketaatan masyarakat merupakan kunci keberhasilan menekan penyebaran covid-19,” lanjutnya.

Panca memerintahkan kepada seluruh jajaran kepolisian di Sumut untuk meningkatkan operasi yustisi dalam menindak jam operasional tempat-tempat usaha hingga pukul 17.00 WIB. Dengan kapasitas pengunjung 25 persen.

Sedangkan untuk kegiatan perkantoran, pada zona merah 75 persen Work From Home (WFH) dan 25 persen Work From Office (WFO).

“Saya perintahkan Kapolres dan Kapolsek bersama dengan TNI, Satpol PP dan satgas covid 19 serta gandeng potensi masyarakat lainnya di wilayah masing-masing agar mengoptimalkan operasi yustisi secara masif,” ujarnya.

“Antisipasi potensi kerumunan yang mungkin terjadi selama perpanjangan PPKM Mikro,” sambungnya.

Baca juga: Larang Sekolah Tatap Muka, Gubsu Pertaruhkan Jabatan

Pelanggar PPKM Mikro akan Diberi Sanksi

Selain itu, Panca juga memerintahkan agar menindak tegas bagi para pelaku pelanggar PPKM Mikro. Dia pun mengajak elemen masyarakat hingga civitas akademik berkolaborasi dengan TNI-Polri.

Dalam rangka mempercepat akselerasi proses vaksinasi agar terwujudnya kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Selama perpanjangan PPKM Mikro baik yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, perkantoran atau kegiatan yang dapat melanggar protokol kesehatan, berikan sanksi tegas bagi para pelaku usaha yang melanggar,” tegas Kapolda Sumut.

Sementara itu, untuk aturan kegiatan perkantoran di luar zona merah menerapkan 50 persen WFH dan 50 persen WFO.

Selanjutnya tempat hiburan seperti klub malam, diskotik, pub, karoke, Bar/rumah minum, griya pijat, spa dan area permainan ketangkasan lainnya, pembatasan jam operasional sampai pukul 20.00 WIB. Dengan kapasitas pengunjung 50 persen dan protokol kesehatan ketat.

Reporter: Jafar Wijaya

GRANPRIZE

Berita Populer