Connect with us

Raket

PBSI Umumkan Daftar Atlet Pelatnas 2022, Praveen/Melati Resmi Dicoret

“Setelah All England hasilnya tidak memuaskan, dan kami di PBSI ingin ada regenerasi. Yang pasti satu dua tahun ini ganda campuran ini belum bisa mengumbang gelar,”

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Daftar Atlet Pelatnas 2022
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (Sumber: Badminton Photo)

Suarapakar.com – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) telah mengumumkan 88 daftar atlet pelatnas untuk tahun 2022. Dalam daftar itu tidak tercantum nama pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Dilansir  dari akun Twitter resmi PBSI pada Jumat (28/1/2022), 88 atlet ini terdiri dari atlet yang sudah bergabung di tahun sebelumnya ditambah atlet baru yang lolos lewat jalur seleksi nasional ataupun jalur pemantauan prestasi. Mayoritas pemain-pemain andalan Indonesia di berbagai sektor masuk dalam daftar atlet pelatnas PBSI.

Hanya saja tidak ada lagi nama Praveen Jordan, Melati Daeva, Gloria Emanuelle Widjaja, dan Hafidz Faizal, yang selama ini selalu menjadi andalan Indonesia dari sektor ganda campuran. Kini, ganda campuran mengandalkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso sebagai ujung tombak Indonesia.

Sementara itu, nama Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting di sektor tunggal putra masih bertahan dalam daftar atlet PBSI. Begitu pula Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani dari sektor tunggal putri.

Kekuatan ganda putra pun tidak jauh berbeda, selain ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, serta Fajar Alfian/M Rian Ardianto. Ada juga beberapa junior yang telah unjuk gigi pada tahun lalu. Selain itu, ada daftar nama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan catatan sebagai sparring.

Di ganda putri pun masih terdapat Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva/Ribka Sugiarto.

 

Dalam pengumuman daftar atlet ini, PBSI menyangkal pemanggilan tahun ini lambat. PBSI menyatakan ada perbedaan proses dalam pemanggilan pemain.

“Pemanggilan atlet ini bukan lambat tapi memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang rangkaian tesnya dilakukan setelah SK keluar,” demikian pernyataan PBSI.

Baca juga: Tak Main di Kejurnas 2021, Dua Pebulutangkis Denmark Didenda Rp54,5 Juta

Alasan Praveen/Melati Dicoret dari Pelatnas PBSI

Pelatih ganda campuran PBSI, Nova Widianto mengungkap alasan pasangan ganda campuran Praveen/Melati dicoret dari Pelatnas PBSI 2022. Menurutnya, pasangan juara All England 2020 itu dianggap tak memenuhi harapan selama satu tahun terakhir.

Performa keduanya menurun drastis dan terus jadi sorotan sepanjang 2021.

“Benar Praveen Jordan/Melati Daeva tak masuk pelatnas kali ini. Ada beberapa parameter yang kami gunakan untuk Pelatnas 2022 ini,” kata Nova sebagaimana dikutip dari cnnindonesia, Jumat (28/1/2022).

https://bit.ly/kodesuarapakar

“Pertama prestasi. Prestasi mereka satu dua tahun ini seperti apa, kedua usia, ketiga berapa lama mereka sudah di pelatnas, dan terakhir karakter,” ucap Nova menjelaskan.

Setelah menjuarai All England 2020, Nova menilai penampilan Praveen/Melati anjlok. Tak ada gelar yang berhasil dicapai. Catatan terbaik keduanya runner up Thailand Open 2020 dan Hylo Open 2021.

Namun, adapun alasan lainnya, PBSI ingin melakukan regenerasi di ganda campuran. Hal ini terpaksa ditempuh demi mencapai target bisa meraih medali di Olimpiade 2024 Paris.

“Setelah All England hasilnya tidak memuaskan, dan kami di PBSI ingin ada regenerasi. Yang pasti satu dua tahun ini ganda campuran ini belum bisa mengumbang gelar,” ucap Nova.

Berita Populer